News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ratu Atut dan Kroni

KPK: Rebecca Dipanggil Sebagai Saksi

Penulis: Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penyanyi Rebecca Soejati Reijman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Artis dan penyanyi Rebecca Reijmann mengaku datang ke kantor KPK pada Jumat, 20 Februari 2014, adalah sebatas memberikan klarifikasi tentang dugaan aliran dana dan atau kendaraan dari Tubagus Chaeri Wardana (Wawan).

Namun, pihak KPK menegaskan, kehadiran Rebecca tersebut adalah dalam rangka pemeriksaan sebagai saksi kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan tersangka Wawan.

"Dia dipanggil sebagai saksi untuk perkara TPPU Tersangka TCW," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi, Jumat (20/2/2014).

Johan belum bisa menjelaskan, jumlah dan atau mobil atau bentuk lain yang diterima Rebecca dari Wawan sehingga artis tersebut perlu dimintai keterangannya oleh penyidik.

Yang jelas, Wawan adalah tersangka atas tiga kasus tindak pidana korupsi dan tersangka TPPU.

Untuk kasus tindak pidana korupsi, Wawan disangkakan melakukan penyuapan kepada Akil Mochtar selaku hakim konstitusi terkait penanganan sengketa Pilkada Lebak, melakukan korupsi pengadaan alat kesehatan di Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, dan melakukan korupsi pengadaan alat kesehatan di lingkungan Provinsi Banten.

Terkait kasus TPPU yang dilakukan Wawan, penyidik KPK terus melakukan penelusuran aset-aset Wawan untuk selanjutnya dilakukan penyitaan.

Sejauh ini, sudah 40 unit mobil dan 1 unit motor Harley Davidson disita penyidik KPK.

Mobil-mobil Wawan yang disita itu terbilang mewah, di antaranya Lamborghini, Ferrari, Bentley, dan Rolls Royce.

Mobil-mobil itu disita dari rumahnya, kantor perusahaannya, swasta, kalangan anggota DPRD Banten, dan dari kalangan artis, seperti Toyota Alphard Vellfire dari Jennifer Dunn.

Mobil tersebut disita karena diduga berasal dari tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Wawan.

Disinyalir sejumlah artis mendapatkan aliran dana dan atau mobil dari Wawan. Sejauh ini, baru Jennifer Dunn yang diperiksa sebagai saksi kasus TPPU Wawan. Adapun Catherine Wilson baru akan diperiksa pada Senin (24/2/2014) mendatang.

Pihak kuasa hukum artis Cyntiara Alona pernah mendatangi kantor KPK. Namun, mereka belum mendapatkan jawaban pasti perihal dugaan penerimaan dana dan atau mobil dari Wawan kepada Chyntiara Alona.

Tidak hanya kendaraan. Informasi yang diperoleh Tribun, Wawan juga memiliki banyak aset berupa rumah, tanah, SPBU, SPBG, mobil, motor, kos-kosan, diskotek, hingga rumah dan apartemen di luar negeri. Bahkan, Wawan dikabarkan memiliki kapal pesiar.

Pihak kuasa hukum Wawan pun telah memiliki kepemilikan rumah di Australia dan apartemen di Singapura itu. Kini, KPK dan PPATK tengah mendalami kepemilikan aset Wawan dan aliran dana di luar negeri itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini