News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Kepresidenan RI

Angkasa Harus Steril 30 Menit Sebelum RI1 Terbang

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesawat Kepresidenan RI jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) yang dipesan khusus dari pabriknya mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (10/4/2014). Pesawat ini akan dipergunakan untuk operasional presiden ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. TRIBUNNEWS/HERUDIN

Laporan Abdul Qodir

TRIBUNnews.com, JAKARTA -TNI AU telah berpengalaman mengamankan penerbangan Presiden RI atau RI 1. Karena itu, standar operasi pengamanan penerbangan Pesawat Kepresidenan BBJ2 yang baru datang, tidak berbeda dari yang sudah dilakukan selama ini. Di antaranya adalah sterilisasi lalu lintas udara sebelum pesawat kepresidenan terbang (take off) dan mendarat (landing).

"Kami sudah rutin mengamankan pesawat kepresidenan. Jadi, sudah ada protapnya, maka 30 menit sebelum pesawat RI 1 ataupun RI 2 take off, dan 15 menit setelah pesawat landing, lalu lintas udara harus steril," ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Hadi Tjahyanto, di Jakarta, Jumat (11/4/2014) di Jakarta.

Pada situasi tertentu, TNI AU juga mengerahkan pesawat tempur untuk mengawal Pesawat Kepresidenan dalam penerbangan di dalam negeri.

"Seringkali, pesawat yang ditumpangi RI 1 kami kawal sampai tujuan. Kalau pesawat kepresidenan terbang ke jalur internasional, kami melakukan pengawalan sampai di perbatasan negara. Selanjutnya kami berkoordinasi ke negara-negara yang dilintasi. Tapi, kami juga memantau menggunakan alat yang ada untuk mendeteksi pergerakan pesawat tersebut," paparnya. (coz)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini