News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Paskah 2014

Rm Thomas: Mari Gunakan Pekan Suci untuk Melihat Diri Secara Jujur

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perarakan dimulainya Misa Minggu Palma di Gereja St Bartolomeus Taman Galaksi Bekasi

 
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Minggu ini umat Katolik di dunia mulai memasuki masa pekan suci Paskah 2014. Pekan suci ini dimulai dengan perayaan Minggu Palma.

Perayaan Minggu Palma ini juga mengenangkan peringatan Yesus Kristus memasuki Kota Yerusalem disambut dan dirayakan dengan meriah.

Penyambutan Yesus Kristus sebagai Raja dilakukan melalui pemberkatan dan perarakan Palma. Sementara misteri kesengsaraan Kristus dikenang lewat Perayaan ekaristi.

Menyambut pekan suci, hari ini Minggu (13/4/2014) pagi ratusan umat Katolik di Kota Bekasi merayakan misa Minggu Palma di Gereja Santo Bartolomeus, Paroki Taman Galaxi, Bekasi.

Misa Minggu Palma ini terdiri dari beberapa bagian yakni upacara penyambutan, pemberkatan Palma, Liturgi Sabda, Liturgi Ekaristi, dan Penutup.

Di Gereja Santo Bartolomeus, Paroki Taman Galaxi, Bekasi. Misa Minggu Palma dilakukan lima kali, yakni misa sabtu sore pukul 17.00 WIB kemarin.

Dan misa minggu sebanyak empat kali misa yaitu pukul 06.00 WIB, pukul 08.30 WIB, misa minggu sore pukul 16.30 WIB dan pukul 18.30 WIB.

Pantauan Tribunnews.com, saat masuk gereja ratusan umat di paroki ini diberikan buku misa untuk umat "pekan suci" yang telah disediakan oleh panitia Paskah 2014.

Setelah itu, umat mengambil beberapa daun palma untuk nanti diberkati saat misa dan dibawa pulang ke rumah. Kemudian umat mengambil air berkat, membuat tanda salib dan duduk mengikuti misa hingga selesai.

Pastor Paroki, Romo Thomas Bani SVD mengatakan perayaan Minggu Palma menandakan, umat Katolik memasuki pekan suci, minggu sengsara.

"Kita memasuki pekan suci minggu sengsara. Marilah kita gunakan pekan suci ini untuk melihat diri kita dengan jujur," kata Romo Thomas.

Dijelaskan Romo Thomas, kita harus berkaca pada diri sendiri karena diri kita pun tidak lebih baik dari orang lain.

"Gunakan pekan suci ini untuk bertobat agar kita nanti menjadi manusia baru yang diutus Allah menjadi muridnya, melayani dan mengabdi," tutur Romo Thomas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini