News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hadi Poernomo Tersangka

Presiden SBY Kaget Hadi Poernomo Jadi Tersangka

Editor: Rendy Sadikin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum Ketua Umum PD, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) konfrensi pers menanggapi hasil hitung cepat (quick count) Pemilihan Legislatif 2014 di Kediamannya, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/4/2014). (Tribunnews.com/Srihandriatmo Malau)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabar penetapan tersangka terhadap mantan Direktur Jenderal Pajak, Hadi Poernomo, akhirnya sampai ke telinga Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Sama seperti pejabat-pejabat negara lainnya, Presiden pun terkejut mendengar kabar itu.

"Dia (Presiden) baru tahu lah, disiarkan berulang-ulang. Presiden terkejut dan kaget," kata Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi di kompleks kepresidenan, Selasa (22/4/2014).

Sudi mengatakan, Presiden tidak akan ikut campur atas kasus yang menimpa mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tersebut. Presiden akan menghormati proses hukum yang tengah dilakukan.

Penetapan tersangka pada Hadi tersebut juga membuat sejumlah menteri terkejut. Mereka tidak banyak memberikan komentar dan menyerahkan semuanya pada proses hukum untuk membuktikan apakah Hadi terbukti bersalah atau tidak.

"Ya, terkejut. Waktu acara Republika tadi malam, saya ditanya wartawan. Saya kaget karena belum tahu. Serahkan saja pada proses hukum," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa sebelum menggelar rapat bersama Presiden Susilo Bambang Yudhouyono di kompleks kepresidenan hari ini.

Hatta meminta agar masyarakat tidak langsung menganggap negatif citra BPK, sebagai lembaga yang baru sehari ditinggalkan Hadi tersebut. Hatta berharap agar publik bisa membedakan kasus yang menimpa terhadap personal. "Ini kejadian bukan pada waktu (Hadi menjabat) di BPK," ujarnya.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono juga tak menyangka Hadi terseret kasus hukum. Senada dengan Hatta, Agung pun baru mengetahui kabar itu saat menghadiri acara penganugerahan Tokoh Perubahan oleh harian Republika semalam.

"Tentu kita serahkan pada proses hukum yang ada karena tidak bisa di luar itu. Apa pun termasuk beliau selaku ketua lembaga negara. Meskipun mantan, toh beliau dari semalam siap mengikuti proses yang ada," kata Agung.

Menteri Keuangan Chatib Basri bungkam soal penetapan Hadi sebagai tersangka. Dia menyatakan, KPK yang seharusnya nanti membuktikan dugaan korupsi restitusi pajak BCA yang menimpa Hadi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini