News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2014

19 Juta Pemudik Naik Angkutan Umum

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Gusti Sawabi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah bus yang mengangkut pemudik diberangkatkan di Kawasan JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (21/7/2014). Sido Muncul menyelenggarakan mudik gratis yang ke 25 kalinya bagi 20.000 orang pedagang jamu se-Jabodetabek dengan menggunakan sekitar 310 bus dengan 7 kota tujuan di Jawa. Warta Kota/angga bhagya nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memaparkan kenaikan jumlah penduduk yang mudik lebaran tahun 2014 naik 6,99 persen dibandingkan tahun lalu. Dalam hal ini ada 27,9 juta penduduk yang bergerak untuk mudik.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suroyo Alimoeso memaparkan akan ada 19 juta masyarakat yang naik angkutan umum saat mudik. Angkutan tersebut mencakup darat, laut, udara, dan kereta api.

"Kurang lebih akan melakukan perjalanan sebesar 19 juta itu yang menggunakan fasilitas umum," ujar Suroyo di Hotel Millenium Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Suryo memaparkan bahwa pemerintah telah melakukan koordinasi dengan perusahaan BUMN jasa angkutan dan pemerintah daerah. Hal tersebut untuk memperlancar arus mudik.

"Angkutan lebaran sudah mulai di koordinasi," ungkap Suryo.

Dari data Kementerian Perhubungan pemudik melalui mobil pribadi sebanyak 1,8 juta, dibandingkan dari lebaran tahun lalu cuma 1,6 juta. Jika di dalam mobil isinya 4 orang maka 7,2 juta jumlah totalnya yang berangkat naik mobil.

Sementara sepeda motor tahun 2014 diprediksi naik 2,3 juta naik 100 ribu dibandingkan tahun lalu sebanyak 2,2 juta. Jika satu motor isinya dua orang makan 4,6 juta jumlahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini