News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2014

Anggota Pramuka Ini Senang Bisa Bantu Pemudik

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penumpang KA Matarmaja menunggu jadwal keberangkatan di dalam gerbong di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Rabu (23/7/2014) kemarin.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat Patutie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang lebaran para pemudik sudah mulai melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman mereka masing-masing.

Guna membantu kelancaran ritual tahunan tersebut, Kwartir Nasional Pramuka menggelar aksi sukarela peduli karya bakti mudik lebaran 2014 di beberapa tempat di Indonesia. Satu diantaranya adalah di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Oktaviani Al Ghifari (17) adalah salah satu peserta dari gerakan Pramuka tersebut mengaku bangga secara sukarela membantu masyarakat yang ingin mudik lebaran.

Oktaviani adalah satu diantara siswa SMA yang sedang libur sekolah. Pada pengalaman pertamanya dalam aksi sosial dirinya bisa meningkatkan jiwa sosialnya terhadap teman-temannya.

"Kami sukarela kak, enggak mengharapkan dibayar. Bangga, pakai atribut bisa bantu orang lain. Soalnya pengalaman pertama, bisa meningktakan jisa sosial kepada teman" ujarnya kepada wartawan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (24/7/2014).

Ia menyebutkan, kalau tugas yang harus dilakukan adalah memberitahu posisi letak tempat tiket sesuai jalur, toilet, serta jalur kereta api. Selain itu, akan memberitahukan para pemudik yang datang ke stasiun yang masih belum tahu arah jalur serta membuka posko kesehatan.

Dia berharap, kegiatan itu dapat bermanfaat, sehingga lebih banyak masyarakat yang secara sukarela mengikuti kegiatan karya bakti lebaran.

Ia menuturkan, kalau kegiatan itu dilakukan secara serentak dilakukan di Indonesia saat arus mudik hingga arus balik Lebaran. Mereka ditempatkan di beberapa titik diantaranya, di pelabuhan, terminal maupun di tempat-tempat rekreasi.

"Kita berdoa untuk keselamatan kita dan keselamatan bangsa Indonesia, mereka yang akan melakukan mudik dan melaksanakan hari raya Idul Fitri," harapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini