News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Badan Keamanan Laut Resmi Berdiri di Era Presiden Jokowi

Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lama ditunggu-tunggu kehadirannya, akhirnya muncul juga. Badan Keamanan Laut atau BAKAMLA yang sudah lama dicita-citakan akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Jokwoi menyampaikan itu bertepatan dengan peringatan Hari Nusantara 2014 di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Senin (15/12/2014). BAKAMLA dibentuk berdasarkan Perpres No 178 Tahun 2014 tentang BAKAMLA.

Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto yang mendampingi Jokowi kemarin, menyebutkan, BAKAMLA memiliki tugas pokok melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia.

"Pembentukan BAKAMLA menandakan era baru sinergitas operasi keamanan laut yang didukung Sistem Peringatan Dini dan Unit Penindakan Hukum terpadu," kata Andi seperti dikutip Tribunnews.com dari setkab.go.id, Selasa (16/12/2014).

Tugas menjaga keamanan dan kegiatan operasi keamanan di laut semula dikerjakan oleh Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla). Pada 2003, dibentuk kelompok Kerja Perencanaan Pembangunan Keamanan dan Penegakan Hukum di Laut.

Dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 178 Tahun 2014, maka BAKORKAMLA telah berubah nama menjadi BAKAMLA dengan kekuasaan yang lebih besar dalam mengamankan laut di seluruh tanah air.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini