News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat AirAsia Jatuh

Rusia Bergabung, Kirim Pesawat yang Mampu Mendarat di Atas Air Laut

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pasukan gabungan dari Basarnas dan TNI, bersiap di atas kapal KN SAR 101 untuk melakukan pencarian, di Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah, Kamis (1/1/2015). Hari ini pencarian difokuskan pada lokasi jatuhnya pesawat dan pencarian korban jatuhnya Pesawat AirAsia QZ8501. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas) Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Soelistyo mengatakan  pihaknya akan mendapat tambahan kekuataan dari pesawat terbang milik Rusia dalam membantu operasi pencarian pesawat dan penumpang AirAsia QZ8501.

"Pesawat Rusia masih on the way menuju ke titik pencarian," kata Soelistyo di kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/1/2015).

Soelistyo menuturkan, pesawat terbang milik Rusia itu memiliki keunggulan, antara lain mampu mendarat di atas air. Namun, dengan syarat jika gelombang di laut dalam keadaan baik.

"Itu akan saya manfaatkan sepenuhnya nanti. Untuk mengcover barang dan jenazah yang kemana-mana," tuturnya.

Masih kata Soelistyo, pada operasi pencarian hari ini Basarnas dan tim gabungan didukung sebanyak lima pesawat terbang dan delapan helikopter dari unsur udara. Sementara dari unsur laut ada 21 kapal laut dalam negeri dan delapan kapal laut milik asing.

"Sampai hari ini jumlah jenazah yang berhasil kita evakuasi berjumlah 30," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini