News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kongres PDIP

Phillips J Vermonte Ingatkan Relawan Jokowi Tahu Diri

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peneliti dari CSIS-Cyrus Philip Vermonte (kiri)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik CSIS, Phillips J Vermonte, mengingatkan relawan pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, agar sadar posisi terhadap pemerintahan Jokowi.

Menurut Phillips, para relawan tentu boleh memberikan masukan kepada Presiden Jokowi. Namun, kata dia, relawan juga harus sadar bahwa mereka memiiki batas.

"Dari sisi relawan tentu saja boleh beri masukan tetapi tentu ada limit (batas) juga karena ada aktor di luar relawan. Ada menteri yang paling punya hak beri masukan kepada presiden," ujar Phillips saat diskusi bertajuk 'Penumpang Gelap di Tikungan' di Warung Daun, Cikini Jakarta, Sabtu (11/4/2015).

Menteri, kata Phillips, adalah orang-orang yang ditunjuk presiden untuk menjalankan visi dan misinya secara independen.

Philips meningatkan dalam demokrasi, tidak mungkin tanpa partai politik. Untuk itu, kedudukan partai politik mendapatkan tempat formal dalam bidang pemerintahan. Namun demikian Phillips juga mengingatkan agar partai politik sadar diri dan mengetahui posisinya dalam pemerintahan.

"Kalau semua aktor politik sadari fungsinya dan menjalankan sesuai limitasi peran, saya kira hal-hal yang kita alami sekarang jauh berkurang. Tentu konflik pasti ada," tukas Phillips.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini