News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Seleksi Calon Pimpinan KPK

Jimly Asshiddiqie dan Johan Budi Lolos Seleksi Tahap Awal

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pansel KPK telah mengumumkan 194 orang pendaftar yang lolos seleksi calon pimpinan KPK tahap awal.

Dari 194 nama tersebut ada nama yang tak asing lagi di masyarakat yakni mantan Ketua Dewan Kehormatan Penyelengga Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie dan Plt Pimpinan KPK Johan Budi SP.

Berdasarkan data yang diterima Tribun, dari kalangan politikus ada nama Ahmad Yani yang bernaung di Partai Persatuan Pembangunan. Sementara dari unsur TNI ada nama Mayjen TNI (Purn) Hendardji Supandji.

Dari kalangan Polri pun cukup banyak yang lolos seleksi tahap awal. Mereka adalah Kombes Pol (Purn) Basuki, Irjen Pol (Purn) Rudiard M L Tampubolon, Irjen Pol Syahrul Mamma, Kapolda Papua Irjen Pol Yotje Mende, dan Brigjen Pol Basaria Panjaitan.

Ketua Pansel KPK, Destry Damayanti mengatakan, seluruh peserta yang masuk tahap kedua akan menjalani tes kompetensi diri dan profil diri.

"Mereka yang lolos seleksi tahap pertama membuat makalah tulisan deskripsi diri yang ada kisi-kisinya di web pansel," kata Destry saat memberikan keterangan pers di Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (4/7/2015).

Dari total 194 peserta yang lolos ke tahap kedua, sebanyak 23 orang adalah perempuan. Sedangkan jenis kelamin pria mendominasi yakni dengan jumlah 171 orang.

Profesi yang mendominasi adalah dari kalangan advokat sebanyak 46 orang, 31 orang dari swasta atau BUMN, 28 orang dosen dan 4 orang dari KPK.

Mayoritas peserta yang lolos punya jenjang pendidikan S2 dengan 46 persen, S3 sebanyak 25 persen dan sisanya tamatan S1.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini