News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

1 Tahun Pemerintahan Jokowi

LKP: Kinerja Birokrasi Pelayanan Publik Membaik

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya, Senin (17/11). Dispendukcapil mendapat tambahan 3.192 keping blanko untuk penbuatan KTP Elektronik dari Jakarta. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - CEO Lembaga Klimatologi Politik (LKP) Usman Rachman menerangkan bahwa dalam hasil survey mengenai satu tahun Jokowi - JK yang dilakukan sepanjang 24 - 29 Oktober 2015 di 34 provinsi melalui telepon, mencatat bahwa sebanyak 44,3 persen responden mempersepsikan bahwa birokrasi pelayanan publik semakin membaik setelah satu tahun pemerintahan berjalan.

"Sedangkan 42,8 persen mempersepsikan sama saja dengan pemerintahan sebelumnya dan 10, 5 persen menganggap "semakin buruk" dari pemerintahan sebelumnya," ujar Usman di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Dari data tersebut dapat disimpulkan tingkat kepuasan responden terhadap pelayanan publik mengalami penurunan dari survei LKP sebelumnya pada Mei 2015 yang menyatakan "semakin buruk" masih sebesar 16,7 persen.

Sedangkan untuk kinerja pemerintahan Jokowi, LKP mencatat tingkat kepuasan baru mencapai angka 58,4 persen dalam satu tahun perjalanannya. Sedangkan yang harus dicapai oleh pemerintah dalam satu tahun, kata Usman dapat mencapai lebih dari 60 persen.

"Ini menjelaskan bahwa masih jauh persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi untuk benar-benar menjalankan Nawacita," tambah dia.

Menurut Usman, banyak hal harus dibenahi melalui perombakan kabinet jilid dua. Beberapa di antaranya adalah Menpora Imam Nachrowi, Rini Soemarno dan Bambang Brodjonegoro.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini