News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hari Bakti Ke-70, Kementerian PUPR Gelar Gowes Bandung-Jakarta

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke-70 yang akan jatuh pada 3 Desember 2015mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan kegiatan bersepeda bertajuk Gowes Bandung-Jakarta.

Para peserta Gowes tersebut akan memulai perjalanan sejauh 190 Km selama dua hari, 28-29 November 2015.

Acara tersebut dilepas secara langsung oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dari depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (28/11) pagi.

Selain diikuti para pimpinan dan pegawai Kementerian PUPR, Gowes Bandung-Jakarta turut ikut serta perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, kontraktor, konsultan dan masyarakat.

Basuki mengatakan pemilihan depan Gedung Sate sebagai titik start karena tempat tersebut merupakan lokasi bersejarah.

Menurutnya, 70 tahun yang lalu, di tempat tersebut 21 orang pahlawan PU memperjuangkan Gedung Sate yang sudah menjadi Kantor PU pada saat itu.

"Sebanyak 7 orang pejuang gugur saat berupaya mempertahankan gedung tersebut dari serangan sekutu," ujar Basuki, Sabtu (28/11/2015).

Basuki menceritakan tujuh pahlawan yang gugur itu adalah Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Susilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono.

Untuk mengenang jasa-jasa kepahlawanan mereka dalam mempertahankan Gedung Sate ini dari serangan sekutu, maka mereka diberi gelar “Pahlawan”.

Nama mereka ditulis pada Batu Alam besar yang diletakkan di bagian belakang halaman Gedung Sate.

“Peristiwa ini mengingatkan kita bagaimana para pahlawan PU mempertahankan Gedung Sate sebagai Kantor PU dengan mengorbankan nyawa mereka," ungkap Basuki.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini