News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Reshuffle Kabinet

Busyro: Muhammadiyah Ingin Jokowi Segera Pilih Menteri yang Loyal dan Profesional

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

CAMPIM KPK - Capim KPK Busyro Muqoddas usai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan capim KPK di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/12). Capim KPK diuji oleh Komisi III mengenai pemahaman hukum acara pidana, pemahaman dan praktik pencegahan dan penindakan korupsi, visi pemberantasan korupsi dalam rangka program zero-corruption, integritas dan latar belakangnya serta pandangannya mengenai UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. WARTA KOTA/henry lopulalan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wacana mengenai reshuffle kabinet kembali muncul.

PP Muhammadiyah pun menyarankan agar Presiden Joko Widodo segera lakukan perombakan kabinet dan memilih menteri-menteri yang loyal dan profesional.

"Tekanan Muhammadiyah adalah memilih menteri yang profesional, sesuai dengan keahliannya, loyal pada presiden," kata Ketua Bidang Hukum, HAM dan Kebijakan Luar Negeri PP Muhammadiyah, Busyro Muqoddas di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Rabu (30/12/2015).

Orang yang ditunjuk Presiden untuk mengisi posisi menteri, kata Busyro seharusnya adalah seseorang yang rekam jejaknya terbukti bersih dan punya kemampuan untuk memperbaiki Indonesia melalui bidang yang dikuasainya.
Presiden harus menolak, bila latar belakang sang calon menteri tidak jelas.

"Kalau menurut presiden itu tidak punya track record (rekam jejak), presiden berhak menolak itu ini marwah lembaga kepresidenan yang sudah ditentukan," kata mantan Ketua KPK ini.

Lebih lanjut Busyro menjelaskan nantinya jangan sampai saat memilih menteri presiden Joko Widodo disetir oleh partai politik.

"Jangan sampai reshuffle ini bukan yang terakhir kali, itu logis. Jangan sampai reshuffle disetir parpol," ujar Busyro.

Dorongan dari PP Muhammadiyah itu senafas dengan keinginan para petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) yang sangat berharap agar kader partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu bisa ditunjuk masuk ke kabinet kerja.

Bahkan Ketua DPP PAN Aziz Subekti, sudah mengklaim bahwa Presiden telah menyiapkan dua jatah kursi untuk partai tersebut. Namun pernyataan itu dibantah oleh Ketua Fraksi PAN di DPR, Mulfachri Harahap.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini