News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Batik Air Tabrak TransNusa

Halim Selama Ini Pakai Visual Control Tanpa Radar

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sayap kiri pesawat Batik Air bernomor penerbangan ID 7703 rute Jakarta-Makassar terbakar sebagian setelah berbenturan dengan pesawat TransNusa yang sedang ditarik di taxi way Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/4/2016). Insiden tersebut terjadi saat pesawat Batik Air akan tinggal landas. Tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut. TRIBUNNEWS/HO

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto usai kunjungannya di Bandara Halim Perdanakusuma menyatakan bahwa selama ini, Bandara di Timur Jakarta tersebut hanya menggunakan kontrol visual tanpa ada radar dari Air Traffic Control (ATC).

"Jadi selama ini Halim dari ATC itu pakai Visual Control tanpa menggunakan radar canggih. Kalau malam bisa jadi tidak terlihat kalau lampu tidak menyala," ujarnya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Dirinya menjelaskan kronologi pada saat itu, lampu truk yang memindahkan pesawat TransNusa tidak menyala sehingga ATC tidak dapat melihat pergerakan di landasan pacu.

Sehingga ATC mengizinkan pesawat Batik Air untuk take off.

"Si TransNusa itu belum sampai batas landasan, tapi sudah di ujung sekali, makanya tabrakannya itu sama-sama kena sayap," katanya.

Dirinya berharap kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk dapat memberikan hasil investigasinya secara rinci mengenai insiden yang terjadi antara pesawat Batik Air dengan rute Halim Perdanakusuma - Ujung Pandang, registrasi PK-LBS, nomor penerbangan ID 7703 dengan pesawat TransNusa.

"Kita tunggu saja hasil dari KNKT kalau mau secara jelas dan rinci. Saya dengar Black Box dari pesawat sudah diunduh dan bisa langsung didengarkan oleh penyidik KNKT," kata Agus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini