News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lapas Banceuy Ricuh

Kapolri Akan Bicara Dengan Menkumham Soal Kericuhan Lapas Banceuy

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas Pemadam Kebakaran melintasi mobil ambulance yang terbakar diduga akibat kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Banceuy, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Sabtu (23/4/2016). Sekitar 1000 personil gabungan TNI-Polri terjun ke lapas untuk menenangkan warga binaan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun sejumlah petugas mengalami luka-luka akibat pelemparan yang dilakukan warga binaan dari dalam. TRIBUN JABAR/BUKBIS CANDRA ISMET BEY

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Imanuel Nicolas Manafe

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi bersama Menkumham terkait kericuhan Lembaga Pemasyarakatan Narkoba Kelas II A di Banceuy, Kota Bandung.

"Nanti dibicarakan sama Menkumham bagaimana pengamanan selanjutnya," ujar Badrodin di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Badrodin mengatakan, evaluasi yang akan dilakukan yaitu mengenai masalah kelebihan kapasitas atau over capacity di Lapas.

Tidak hanya di Banceuy saja, namun lapas di sejumlah daerah.

"Karena memang hampir seluruhnya Lapas ini overload sehingga harus dicari jalan keluarnya supaya tidak terlalu banyak tekanan-tekanan, karena bagaimanapun juga kalau overload secara psikologis akan menekan, fasilitas terbatas, sehingga ini tambah kerawanan di dalam," ucap Badrodin.

Terkait adanya anggota Polisi yang terluka saat mengamankan kerusuhan, Badrodin mengatakan hal itu merupakan risiko dalam bertugas.

"Terluka karena kita harus tanggulangi secara keras supaya tidak berkembang. Kalau tidak (ditanggulangi keras) akan berkembang. Itu kalau luka risiko," kata Badrodin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini