News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lapas Banceuy Ricuh

Yasonna Akui Ada Kekerasan yang Dilakukan Petugas Lapas Terhadap Undang

Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas Pemadam Kebakaran memadamkan api yang diduga akibat kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Banceuy, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Sabtu (23/4/2016). Sekitar 1000 personil gabungan TNI-Polri terjun ke lapas untuk menenangkan warga binaan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun sejumlah petugas mengalami luka-luka akibat pelemparan yang dilakukan warga binaan. TRIBUN JABAR/BUKBIS CANDRA ISMET BEY

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Undang Kosim (54) ditemukan tewas gantung diri di ruang isolasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banceuy, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/4).

Di tubuh napi tersebut juga ditemukan bekas kekerasan.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly mengakui bahwa petugas Lapas Banceuy sempat melakukan kekerasan terhadap napi tersebut.

Hal itu terjadi saat Undang menjalani pemeriksaan, terkait barang yang diduga disembunyikannya.

"Dipaksa mengaku. Tidak penyiksaan, tempeleng kira-kira, biasalah," ujar Yasonna dalam konferensi pers di kantor Ditjen Imigrasi, Jakarta Selatan, Minggu (24/4/2016).

Pemeriksaan tersebut dilakukan karena napi yang dalam beberapa bulan lagi akan bebas itu, terlihat membawa bungkusan berwarna hitam, dari seseorang di luar lapas yang mengendarai sepeda motor.

Petugas kemudian membuntuti Undang sampai kamar mandi, namun saat diperiksa bungkusan tersebut tidak ditemukan. Alhasil ia pun diperiksa petugas.

Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat, I Wayan Sukerta, dalam kesempatan terpisah menambahkan bahwa tanda-tanda kekerasan itu ditemukan di sejumlah tempat di tubuh Undang.

"Ada juga di paha, tapi bukan (kekerasan) itu yang membuatnya tewas," ujarnya.

Setelah menjalani pemeriksaan, Undang ditempatkan di ruang isolasi. Pada Sabtu dini hari, petugas mendapati Undang tewas dengan leher tergantung. Setelahnya lapas pun rusuh.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini