News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lebaran 2016

Sudah 11.000 Mendaftar Mudik Gratis, Kemenhub Perpanjang Pendaftaran

Penulis: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para pemudik motor dari Jakarta tiba melanjutkan perjalanan ke daerah masing-masih dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (25/7/2014). Mudik gratis tujuan Jateng-DIY ini tiba di Semarang pada pukul 06.30 pagi. Dari total 1414 pemudik 1348 sepeda motor diangkut menggunakan Kapal Motor (KM) Ciremai dari Tanjung Priok pukul 16.00 guna mengurangi resiko kecelakaan. (Tribun Jaten/Wahyu Sulistiyawan)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Tahun ini Kementerian Perhubungan kembali menggelar program mudik gratis dengan bus dan angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api.

Untuk angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api, tahun ini disediakan kuota sekitar 15.800 sepeda motor.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, jumlah ini lebih besar 3 kali lipat dari kuota tahun 2015 yang hanya sekitar 5.000 sepeda motor.

“Sampai hari ini kira-kira sudah sekitar 11.000 yang mendaftar. Pendaftaran akan diperpanjang hingga kuota habis”, ucap Jonan, Senin (13/6/2016).

Dirinya menghimbau masyarakat, khususnya warga Jakarta yang hendak mudik ke Jawa Tengah atau Jawa Timur untuk memanfaatkan program angkutan sepeda motor gratis ini.

Penyelenggaraan program ini memang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan pada pemudik bersepeda motor karena kendaraan tersebut tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh.

Selain peninjauan rutin, Kementerian Perhubungan akan terus melakukan pengecekan sarana dan prasarana pada angkutan Lebaran tahun 2016 ini baik di sektor darat, laut, udara, maupun perkeretaapian.

Hal ini untuk memastikan keselamatan dan keamanan para pemudik, sebagai implementasi dari fokus kerja Kementerian Perhubungan selama ini, yaitu meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini