News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2016

Pemudik Lebaran Diprediksi Habiskan Uang Rp 184 Triliun

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ribuan pemudik turun dari KM Kelimutu dari Sampit di pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu (2/7/2016). Diperkirakan enam sampai tujuh ribu penumpang akan tiba di Terminal Zamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Jumlah penumpang itu merupakan gabungan dari tiga kapal dari beberapa wilayah seperti Makassar dan Balikpapan. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS), Yusuf Wibisono, mengatakan pemudik tahun ini akan menghabiskan dana Rp 184 triliun.

Menurut Yusuf angka tersebut didapatkan dari 20 wilayah aglomerasi pemudik di seluruh Indonesia.

"Ini termasuk mudik yang mahal. Kami prediksi pemudik akan total menghabiskan dana Rp 184 triliun dalam waktu dua minggu," jelas Yusuf di Terminal Rawamangun, Jakarta, Minggu (3/7/2016).

Dana yang dihabiskan tersebut akan lebih banyak tersita saat perjalanan dibanding dengan yang dibawa pemudik ke kampung halaman yang diprediksi berjumlah Rp 60 triliun.

"Tidak ada setengahnya yang sampai ke keluarga di kampung. Sisanya atau sebagian besar bahkan habis untuk perjalanan. Biaya bensin, konsumsi dan jalan dan biaya tak terduga lain-lain," kata dia.

Dana tersebut termasuk angka yang fantastis karena sama seperti sembilan persen dari APBN Perubahan 2016 atau dapat membantu kredit usaha rakyat dalam waktu dua tahun.

Pemerintah seharusnya dapat menekan biaya mudik setiap tahunnya agar tidak hanya terbuang pada periode tertentu saja, sehingga dapat menjadi investasi jangka pendek atau panjang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini