News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kepala BIN

Fraksi Golkar DPR Kaji Surat Presiden Terkait Pergantian Kepala BIN

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakapolri Komjen Budi Gunawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar Zainudin Amali menilai positif pergantian Kepala Badan Intelejen Negara (BIN).

Dimana, Presiden Joko Widodo menunjuk Budi Gunawan menggantikan Sutiyoso.

Amali mengatakan pihaknya akan segera membahas pergantian Kepala BIN.

"Kami dari Fraksi Partai Golkar di Komisi I menyambut baik dan akan membahas surat presiden tersebut di internal fraksi terlebih dahulu dan akan minta arahan dari Ketua Fraksi serta Ketum DPP Partai Golkar," kata Zainudin melalui pesan singkat, Minggu (4/9/2016).

Amali menegaskan Fraksi Golkar akan mengkaji surat presiden yang telah menunjuk Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai KaBIN. Ketua Koordinator Golkar itu yakin Presiden Jokowi sudah mempertimbangkan secara matan dan sudah mendapatkan masukan dari berbagai pihak.

"Bagi kami keputusan presiden tersebut harus segera direspon sehingga segera mendapatkan kepastian dan tidak menjadi berita yang simpang siur di masyarakat," katanya.

Fraksi Golkar, kata Zainudin akan menghimpun berbagai informasi dari berbagai pihak yang akan dijadikan sebagai masukan dan sekaligus apabila masih ada hal yang perlu diklarifikasi.

"Selain itu kami juga segera berkoordinasi dengan Fraksi-Fraksi lain di Komisi I apabila proses fit and proper tes sudah ditentukan jadwalnya," tuturnya

Sebelumnya, ‎Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengusulkan dilakukannya pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Surat usulan pergantian Kepala BIN itu diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

‎Selama kurang lebih satu jam Pratikno melakukan pertemuan tertutup dengan Pimpinan DPR di lantai 3 Gedung Nusantara III. Pimpinan yang hadir melakukan pertemuan dengan Pratikno antara lain Ketua Ade Komarudin, Wakil Ketua Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan.

"Saya mengantarkan surat dari Presiden ke pimpinan DPR. Isi suratnya yakni usulan Presiden untuk pergantian Kepala BIN," kata Pratikno, Jumat (2/9/2016).

Presiden, kata Pratikno mengusulkan nama Komjen Polisi Budi Gunawan menjadi Kepala BIN menggantikan Sutiyoso. Untuk proses selanjutnya, pemerintah menyerahkan sepenuhnya kepada DPR untuk ditindaklanjuti.

"Jadi Kepala BIN yang diusulkan nama baru yaitu Pak Budi Gunawan. Proses selanjutnya di DPR menunggu pertimbangan DPR," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini