News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mendikbud Muhadjir Sebut Indonesia Dapatkan Bonus Demografi

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Muhadjir Effendy menandatangani prasasti peresmian SKO Kendari

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, KENDARI - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya turut bersiap menghadapi bonus demografi IndoneIa yang diperkirakan akan terjadi dalam kurun waktu 2020-2035 mendatang.

Ia menjelaskan dalam kurun waktu tersebut jumlah warga usia produktif Indonesia akan berjumlah tiga kali lipat lebih besar daripada usia konsumtif.

"Usia konsumtif itu di bawah 16 tahun dan di atas 65 tahun, di antara itu adalah usia produktif. Kalau usia produktif bisa dimanfaatkan maksimal maka akan ada sisa ongkos dari pembiayaan untuk masyarakat usia konsumtif serta bisa dimanfaafkan untuk investasi sehingga meningkatkan roda ekonomi Indonesia," ujarnya.

Hal itu dikatakan Muhadjir Effendy usai meresmikan Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (1/4/2017).

Untuk mewujudkan hal tersebut Muhadjir mengatakan akan melakukan tiga strategi yakni penguatan karakter anak usia dasar, pemerataan pendidikan berkualitas terutama untuk yang tidak mampu serta revitalisasi SMK.

"Sehingga cita-cita menjadikan Indonesia kekuatan ekonomi terbesar dunia keempat pada tahun 2045 akan terwujud," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini