News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polri Jamin Pengamanan Arus Mudik 2017 Lebih Baik

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tol Brebes Timur

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jelang arus mudik lebaran 2017, Polda Jawa Tengah (Jateng) mulai berbenah diri. Seluruh jajaran Polres di Polda Jateng harus siap menghadapi arus mudik lebaran nanti.

Bahkan, Polda Jateng telah membagi beberapa titik rawan masalah yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Di antaranya, jalur tengah yakni Brebes-Purwokerto yang menjadi kendala lantaran masih dilakukannya pembetonan sehingga mengganggu arus lalu lintas.

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Unggung Cahyono mengingatkan seluruh jajaran Polres Jateng agar pengamanan arus mudik lebaran tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebabnya, dengan penambahan sejumlah personel dari Stukpa dan Brimob Mabes, serta akan ditambah dengan personel dari Polda Jabar dan Polda DIY, jalur mudik di Pantura ini menjadi prioritas utama kepolisian untuk mengamankan dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

"Kita akan koordinasikan dengan Polda-polda terdekat untuk membantu memback-up wilayah pantura yang memang sudah menjadi rutinitas tahunan mudik lebaran di kawasan ini lebih padat dari wilayah lain," kata Unggung lewat keterangan yang diterima, Kamis (27/4/2017),

Unggung menuturkan peristiwa dibukanya jalur Tol Pejagan-Pemalang yang belum 100 persen rampung ini mengingatkannya pada pengamanan jalur Palimanan-Brebes tahun 2015 silam.

Dirinya juga mengingatkan bahwa pengamanan yang diberikan pada waktu itu sudah baik, dan untuk tahun ini pada jalur Brebes-Pemalang akan lebih baik, semua armada kepolisian akan diperbantukan pada pengamanan di lokasi tersebut.

"Ya seperti waktu Brexit belum rampung, kita akan siapkan water canon untuk membantu menyiram jalan agar tidak berdebu, dan armada lainnya akan disiapkan," katanya.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa bersama dengan Unggung dan Kakorsabhara Irjen Umar Septono serta rombongan pun melakukan pantauan langsung kondisi jalur Brebes-Ngaliyan Semarang.

Hal itu dilakukan untuk memastikan jalur arus mudik jelang hari raya tahun ini baik.

Sementara itu, di hadapan Royke, Karo Ops Polda Jateng Kombes Hariyanto mengatakan empat pembangunan flyover pada tiap persimpangan di jalur Brebes-Purwokerto, jelas akan membantu mengurai kepadatan arus lalu lintas.

"Empat Flyover sudah hampir rampung, dan ini bisa membantu untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas," kata Hariyanto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini