News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Berita Parlemen

Sertifikasi Tanah Lambat, Legislator Evaluasi Program Operasi Nasional Agraria

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Komisi II DPR Sutriyono di Ruang Kerjanya pada Kamis, (28/04/2017).

TRIBUNNES.COM, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR Sutriyono mengaku akan mengevaluasi perkembangan Prona (Program Operasi Nasional Agraria) yang dikeluarkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Hal itu dikarenakan banyaknya keluhan masyarakat yang disampaikan terkait lambatnya proses sertifikasi tanah. Demikian disampaikan saat ditemui di Ruang Kerjanya pada Kamis, (28/04/2017).

Lambatnya sertifikasi tersebut diakui Sutriyono karena adanya kendala anggaran yang kini pemerintah pusat hanya menganggarkan sertifikat saja tanpa memberikan anggaran pada biaya penguluran dan patok.

“Prona itu, pemerintah pusat hanya menganggarkan sertifikatnya. Tidak ada anggaran untuk pengukuan dan biaya patok. Makanya di Jawa Timur itu ada sekitar 17 kepala desa yang tersangkut masalah prona ini,” ujar Sutriyono.

Politisi PKS ini pun mengingatkan agar Pemerintah dalam membuat Prona itu harus tuntas, sehingga hasilnya dapat dinikmati secara cepat oleh masyarakat.

“Ini koreksi juga saat pemerintah bikin Prona itu harus tuntas. Jangan pemerintah pusat ngasih, tapi tidak bisa diekskeusi. Dan kalau semua Pemda tidak memberikan anggaran, itu tidak jalan juga. Karena pengukuran tidak dianggarkan disitu, hanya sertifikatnya saja,” jelas Sutriyono.

Evaluasi terhadap perkembangan Prona ini akan ditindaklanjuti saat Rapat Kerja dengan Menteri ATR di masa sidang selanjutnya.

Sutriyono pun mengaku akan mengingatkan pemerintah untuk tetap fokus dalam capaian target Prona ini.

“Kita akan rapat lagi. Kita akan cek laporan perkembangan Prona. Ini sudah masuk triwulan pertama 2017. Kalau targetnya 2500, kan bisa diliat capaian selama 4 bulan ini seperti apa,” pungkas Sutriyono. (Pemberitaan DPR RI)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini