News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prajurit TNI AD Juara Tembak Militer di Australia, KSAD Beri Bonus Rumah

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono menyerahkan bonus rumah secara simbolik kepada prajurit TNI AD yang berprestasi di ajang lomba tembak Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) 2017.

Acara penyerahan itu berlangsung di Aula Serba Guna Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Dalam sambutannya, Jenderal Mulyono mengucapkan selamat datang kembali di tanah air kepada kontingen AASAM 2017.

Ia juga menghaturkan terima kasih disertai ucapan terimakasih yang tulus serta apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi yang telah diraih.

Sebab, kontingen TNI AD berhasil mempertahankan predikat juara umum untuk ke-10 kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2007.

Lomba Tembak tahunan AASAM yang diselenggarakan di Australia, merupakan event Lomba Tembak Angkatan Darat berskala internasional yang diikuti negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

"Lomba ini memiliki nilai yang sangat strategis sebagai ajang unjuk keterampilan dan kemampuan prajurit Angkatan Darat khususnya dalam menembak," kata Mulyono.

Menurutnya, TNI AD telah berpartisipasi dalam Lomba Tembak AASAM sejak tahun 2005 dan mulai tahun 2008 berhasil menjadi juara umum secara berturut-turut.

Pada AASAM 17 tahun 2017 yang diikuti oleh 20 negara ini, Kontingen TNI AD kembali berhasil mempertahankan juara umum untuk yang ke-10 kalinya dengan perolehan nominal medali 28 Emas, 6 Perak dan 5 Perunggu dari 68 medali emas yang diperebutkan.

"Bukan suatu tugas yang ringan untuk dapat mempertahankan gelar juara umum yang telah diraih selama 10 tahun berturut-turut ini," kata Mulyono.

Keberhasilan ini, lanjut Mulyono, juga membuktikan kepada Angkatan Darat negara-negara sahabat, bahwa TNI AD terus membangun diri menjadi tentara modern yang profesional menuju World Class Army yang tangguh dan patut dibanggakan rakyat, bangsa, dan negaranya.

"Kemenangan ini juga menjadi ajang show of force kemampuan prajurit dan Alutsista TNI AD yang tidak kalah dengan kemampuan dan Alutsista Angkatan Darat negara lain, sekaligus menjadi deterrent effect atau daya tangkal yang efektif dalam konteks diplomasi militer internasional," kata Mulyono.

Berdasarkan data perolehan medali dari tahun ke tahun, tuan rumah Australia yang pada AASAM 2016 hanya menduduki peringkat ke-4 dengan 4 medali emas, tahun ini berhasil duduk sebagai runner up dengan 14 medali emas.

Sementara itu Jepang yang pada AASAM 2016 hanya meraih 4 medali emas, pada tahun ini berhasil meraih 10 medali emas.

Demikian pula, kontingen Filipina yang merupakan pendatang baru, berhasil memperoleh 4 emas, dan berada di posisi ke-4 klasemen umum.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini