News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kasus Rizieq Shihab dan Firza

Apa Kata Din Syamsuddin Soal Status Tersangka Habib Rizieq?

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin mengatakan penetapan Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka harus dalam koridor penegakan hukum yang adil.

Din mengatakan insiden tersebut berbahaya bila penegak hukum terkesan tebang pilih kasus.

"Saya normatif saja. Kalau enggak berkeadilan akan dilawan oleh rakyat. Itu yang akan lahirkan distrust, kita tak percaya lagi pada hukum. Tapi etika saya tak berpihak pada orang per orang," kata Din di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Mengenai dugaan kriminalisasi ulama, Din mengatakan istilah-istilah itu muncul di masyarakat. Namun, ia tidak mengetahui persis persoalan kriminalisasi ulama.

"Saya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI tidak merasakan, walau ada juga gejala-gejala seperti itu, tapi itu bukan isu besar," kata Mantan Ketum PP Muhammadiyah itu 

Din mengatakan selama terdapat orang yang menguasai aset ekonomi maka tidak akan ada harmonisasi. Padahal, Pancasila sudah mengamanatkan keadilan sosial bagi rakyat. "Jadi mengatasinya bukan kuat-kuatan. Saya merasa berkuasa saya menekan, saya merasa punya massa banyak. Sampai kapan. Selesaikan masalah bangsa dari akar masalah," kata Din.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini