News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bertemu dengan KWI, Mendikbud Terima Masukan Soal Penguatan Karakter

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Samuel Febrianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyambangi Kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (25/8/2017) untuk melakukan dengar pendapat dengan Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo.

Selain menemui Uskup Agung Jakarta, Mendikbud juga disambut oleh 10 pimpinan keuskupan lainnya se-Indonesia.

Yakni Uskup Bandung Mgr Antonius Subianto, Uskup Agung Denpasar Mgr Silvester Tung Kiem San, Uskup Sanggau (Kalimantan Barat) Mgr Julius Giulio Macuccini, Uskup Agung Makassar Mgr Johannes Liku Ada', Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang, Uskup Agung Medan Mgr Martinus Situmorang, Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjosusanto, Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso, dan Uskup Jayapura Mgr Leo Laba Ladjar.

Dalam pertemuan yang digelar secara tertutup itu Mendikbud mendapat berbagai masukan untuk memperkokoh sistem pendidikan penguatan karakter.

"KWI melalui komisi pendidikan Katoliknya merupakan lembaga pendidikan yang sudah lama ada serta berpengalaman dan sangat kuat dalam penyelenggaraan pendidikan karakter."

"Sebagai contoh pendidikan di sekolah asrama atau 'boarding school' dalam pendidikan Katolik yang jelas berbasis nilai dan karakter di mana siswa, pengasuh, dan pimpinan umat Katolik hidup bersama. Contoh pendidikan seperti itu bisa menjadi penutan dalam pendidikan penguatan karakter," ucap Muhadjir Effendy.

Sementara itu Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo menyatakan pendidikan Katolik juga memiliki sistem pendidikan karakter yang dinamakan 'live in'.

"Melalui 'live in' itu anak-anak mencoba hidup di daerah lain, misal ketika di kota air tinggal nyalakan keran mereka harus jalan empat kilometer dulu untuk mendapatkan air. Metode semacam itu akan meningkatkan kepekaan sosial dan moral yang jelas menjadi pendidikan karakter."

"Dan metode itu terbukti meningkatkan kepekaan sosial dan moral di tingkat pendidikan menengah dan bisa dikembangkan secara kreatif," tegasnya.

Dalam akhir diskusi itu kedua belah pihak saling bertukar cinderamata.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini