News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

OTT Wali Kota Tegal

Amir Mirza, Ketua Partai Nasdem Brebes, Disebut-sebut Teman Dekat Bunda Sitha

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno keluar dari gedung KPK memakai rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan, di Jakarta, Rabu (30/8/2017). Siti Masitha Soeparno ditahan KPK usai terjaring operasi tangkap tangan (OTT) terkait kasus dugaan suap pembangunan infrastruktur rumah sakit umum daerah (RSUD). TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno ditangkap petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di rumah dinasnya di Tegal, Selasa (29/8/2017), lalu langsung dibawa ke Jakarta.

Saat keluar dari gedung KPK di Jakarta, dengan mengenakan rompi tahanan berwarna oranye, Siti mengatakan, dirinya hanya korban dari seseorang bernama Amir Mirza Hutagalung.

"Saya korban Amir Mirza Hutagalung," ujar Siti di gedung KPK, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Siapa Amir Mirza Hutagalung itu?

Amir sehari-harinya adalah Partai Nasdem Kabupaten Brebes. Pria yang kerap disebut sebagai teman dekat Siti itu juga dijaring KPK pada hari yang sama.

Wakil Ketua Partai Nasdem Brebes Slamet Dhofir, ketika dimintai konfirmasi mengenai penangkapan Amir dan kasus yang mungkin membelitnya, enggan berkomentar.

"Bukan kewenangan saya berbicara lebih jauh terkait persoalan yang saat ini sedang dialami Bang Mirza. Kami semua berdoa agar semuanya berjalan dengan baik," kata Slamet, Rabu (30/8/2017).

Ketua DPW Partai NasDem Kabupaten Brebes Amir Mirza Hutagalung mengenakan rompi tahanan usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Rabu (30/8/2017). Amir Mirza yang berencana maju dalam Pilkada 2018 Kota Tegal berpasangan dengan Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno itu ditahan KPK usai terjaring operasi tangkap tangan dan ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait pengelolaan dana jasa kesehataan di RSUD Kardinah Tegal dan fee proyek-proyek di lingkungan Pemkot Tegal. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Amir Mirza diketahui pula sebagai Ketua Tim Pemenangan Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno pada Pilkada tahun 2013. Saat itu, Masitha berpasangan dengan Nursholeh yang diusung Partai Golkar dan Nasdem.

Slamet menyatakan, Amir Mirza menjabat sebagai Ketua Partai Nasdem Brebes sejak tahun 2015 lalu.

"Dia seorang pengusaha. Bidang usahanya ada di beberapa kota," imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, selama Siti Masitha menjabat sebagai Wali Kota Tegal, Mirza merupakan sosok di balik layar jalannya pemerintahan.

Mirza sering disebut- sebut sebagai orang yang mampu menentukan kebijakan wali kota dalam mengambil keputusan penting.

Keduanya pun berencana maju dalam Pilkada 2018 mendatang. Sebelumnya, mereka mengikuti penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Partai Golkar dan PAN.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini