News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Film G30S

Survei SMRC: 86,8 Persen Warga Tidak Setuju PKI Bangkit

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sirojudin Abbas usai merilis hasil survei nasional Isu Kebangkitan PKI, sebuah penilaian publik nasional, di kantor SMRC, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2017).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan 86,8 persen warga tidak setuju adanya isu kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Sedangkan hanya sekitar 12,6 persen warga setuju saat ini sedang terjadi kebangkitan PKI dan 5 persen dari seluruh warga merasa kebangkitan sudah menjadi ancaman bangsa.

Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas mengatakan secara politik isu kebangkitan PKI tidak penting karena tidak dirasakan langsung oleh semua warga, Jumat (29/9/2017).

Ia mengatakan Partai Komunis Indonesia (PKI) memiliki definisi politik dan sejarah panjang di Indonesia yang di mulai pada tahun 1965, di mana secara hukum telah dilarang melalui Tap MPR dan semenjak itu kekuatan formal PKI hilang.

"Kalau kita merujuk pada contoh negara lain, China menjadi negara yang benar-benar mempraktikkan sistem Komunis kini saja telah banyak berubah. Sehingga menjadi indikasi komunisme sebagai indeologi tidak menarik lagi bagi masyarakat Indonesia,"kata Abbas di kantor SMRC, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Lanjutnya, jika dilihat dari latar belakang responden yang setuju dengan adanya isu PKI ia menjelaskan dari massa partai ada 2 kelompok partai yang mendominasi yakni PKS 37 persen, Gerindra 20 persen.

Baca: Amankan 299, Diterjunkan Polwan Berhijab dan Polisi Bersurban

Berdasarkan pemilih Pilpres 2014 responden yang setuju menunjukkan 19 persen adalah pemilih Prabowo.

Menurut akses berita media massa, sebanyak 25 persen warga yang percaya isu kebangkitan PKI adalah warga di media sosial.

Kemudian, dilihat dari sisi agama, orang islam lebih percaya adanya kebangkitan PKI yakni sekitar 86 persen.

Survei dilakukan pada tanggal 3-10 September 2017, melibatkan 1220 responden yang dipilih menggunakan metode multistage random sampling dari seluruh populasi Indonesia berumur 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Dengan tingkat response rate 87 persen, survei ini memiliki margin of error ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini