News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Banjir dan Longsor

Bibit Siklon Tropis 96S, Siklon Baru Temuan BMKG

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Siklon Cempaka

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menemukan adanya sebuah siklon baru yang menyusul Siklon Tropis Cempaka.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com, BMKG menyebut siklon baru itu dengan 'Bibit Siklon Tropis 96S'.

Humas BMKG, Hari Tirta, mengatakan bahwa penyebutan bibit siklon tropis 96S itu lantaran masih berupa bibit badai, dan belum menjadi badai.

Baca: Makanan Halal Adalah Sehat, Menteri Perdagangan Ingin Promosikan di Jepang

"96S itu masih bibit badai. Sebelumnya juga ada yang 95S, tapi yang 95S sudah jadi badai, jadi Siklon Tropis Cempaka itu," ujar Hari Tirta, dihubungi melalui pesan Whatsapp, Rabu (29/11/2017).

Melalui analisa pukul 07.00 WIB, Rabu (29/11), didapati bahwa posisi Bibit Siklon Tropis 96S berada di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Bengkulu, 8,5LS, 100,6BT (sekitar 550 km sebelah selatan barat daya Bengkulu).

"Bibit badai itu bergerak ke arah timur, dengan kecepatan gerak 1 knots (3 km/jam) dan bergerak menuju wilayah Indonesia," kata Hari Tirta.

BMKG memperkirakan, 24 jam kemudian dari hasil analisis itu, bibit badai itu akan berada di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Bengkulu, 8,8LS, 100,7BT (sekitar 580 km sebelah selatan barat daya Bengkulu).

Adapun dampak yang dihasilkan oleh Bibit Siklon Tropis 96S di wilayah Indonesia menurut BMKG adalah :

1. Hujan sedang hingga lebat di pesisir barat Sumatera Barat hingga Lampung.

2. Angin kencang > 20 knot di pesisir barat Sumatera dan Jawa Bagian bagian Barat.

3. Gelombang laut dengan ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter di Selat Sunda bagian Utara.

4. Gelombang laut dengan ketinggian 2,5 hingga 4,0 meter di Samudera Hindia sebelah Barat Pulau Simeuleu hingga Kep. Mentawai.

5. Gelombang laut dengan tinggi 4 hingga 6 meter di Perairan Barat Bengkulu - Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten - Jawa Barat, Samudera Hindia sebelah Barat Bengkulu, hingga Selatan Jawa Tengah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini