News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menag Akan Perketat Sistem Rekrutmen ASN Baru di Kementerian Agama

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Agama Lukman Hakim

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pihaknya akan memperketat sistem rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup kerjanya.

Hal itu perlu dilakukannya menyusul adanya istri terduga teroris yang bekerja di Kementerian Agama Kanwil Jawa Timur.

Baca: Arsenal tak Kesampaian Gaet Cristiano Ronaldo Saat Ditangani Arsene Wenger

"Tindakan preventif yang akan kita lakukan adalah lebih waspada khsusunya dalam rekrutmen ASN baru, bahwa seluruh isi sumpah ASN, seluruh regulasi UU ASN yang menyatakan setia kepada Pancasila, yang memiliki komitmen tinggi terhadap NKRI, terhadap Bhineka Tunggal Ika, untuk harus betul-betul dijaga dan menjadi ukuran utama dari seluruh ASN, khususnya yang ada di Kemenag," ujar Lukman di Auditorium HM Rasjidi di Kantor Kementerian Agama, MH.Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

Kini ujar Lukman, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian di Jawa Timur untuk mengetahui kepastian identitas ASN yang bersangkutan.

Hal itu dilakukan untuk menentukan sanksi yang dijatuhkan kepada ASN yang terlibat dalam kegiatan terorisme di Sidoarjo.

"Tentu akan sangat tergantung dari bentuk kesalahannya. Ini kan yang diproses yang bersangkutan saat ini sedang diamankan oleh aparat kepolisian kita. Kami terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepolisian Jatim," ujar Likam

"Pada saatnya nanti, kita akan mendapat kepastian hukum karena sekarang sedang diproses. Bagaimanapun juga kita menjunjung azas praduga tidak bersalah, nanti putusan hukum jelas, tentu akan dilihat bentuk kesalahannya dan sanksi menyesuaikan," kata Lukman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini