News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ini Arahan Menteri Desa & PDTT Kepada Kepala Desa Tentang Inovasi Desa

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Desa dan PDTT Eko Putro Sandjojo di acara Workshop Pengawasan Program Inovasi Desa di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Laporan wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal serta Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo memberikan arahan kepada beberapa kepala desa di Workshop Pengawasan Program Inovasi Desa di sebuah hotel, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2019).

Di kegiatan ini dia menekankan inovasi desa pada dua sektor, yakni sarana dan prasarana pasca panen serta pariwisata.

Menurutnya, masih banyak desa yang belum memiliki sarana dan prasarana pasca panen layak yang sebenarnya berguna untuk meningkatkan penghasilan warga desa di bidang pertanian.

Dia mengatakan, sektor pariwisata juga dapat cepat meningkatkan perekonomian desa, berdasarkan pengamatannya langsung ke beberapa desa.

"Ada beberapa fokus dari Kementerian Desa dalam program inovasi desa, di antaranya pengadaan dan pengembangan sarana dan prasarana pasca panen, terus sektor pariwisata," kata Eko Putro Sandjojo.

Baca: Perbandingan Durasi Pertemuan PM Shinzo Abe dengan Kepala Negara Lain, dengan Jokowi Hanya Semenit

Diakuinya, merealisasikan program inovasi desa yang sebagian besar menggunakan dana desa, bukannya tanpa kendala. Kendala itu antara lain karena komunikasi dan mampetnya ide-ide inovasi dari desa.

Selain itu juga karena rata-rata pendidikan warga desa yang mayoritas hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baca: Bocoran Kabinet Jokowi Soal Calon Menteri Perempuannya, Harus Muda, Cantik dan Cerdas

Pihaknya bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi untuk memberikan pendampingan.

"Kebanyakan kepala desa tuh hanya tamatan SD sampai SMP ada beberapa yang SMA juga, kemudian perlu pendampingan. Desa kita kan jumlahnya ada 74.957. Makanya supaya pendampingannya lebih cepat, kita libatkan universitas sekitar seratus universitas. Kita juga bekerja sama dengan kepolisian, kejaksaan, media, swasta, dan perbankan," tambah Eko Putro Sandjojo.

Baca: Kasus Video Viral Ikan Asin Berujung Penghinaan, Barbie Kumalasari Salahkan Rey Utami dan Pablo

 

 

Ia berharap program inovasi desa, bisa membuat perekonomian desa meningkat signifikan dan mengurangi penduduk-penduduk miskin di desa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini