News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

CPNS 2019

CPNS Kemendikbud 2019 Formasi Pendidikan Tinggi Buka 1.891 Lowongan Dosen, Cek Syarat dan Jadwal

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Ayu Miftakhul Husna
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

CPNS 2019 Kemendikbud lingkungan Dikti

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis alokasi dan formasi CPNS 2019 di lingkungan pendidikan tinggi, pada Rabu (20/11/2019).

Melansir dari laman Kemendikbud, ada sebanyak 1.994 formasi dibuka.

Jumlah alokasi formasi berdasarkan Keputusan Menpar RB Nomor 869 Tahun 2019 tanggal 13 November 2019 tentang Tambahan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2019, sebanyak 1.994, yang terdiri atas:

  1. Formasi Dosen sebanyak 1.891
  2. Formasi Pranata Laboratorium Pendidikan sebanyak 88
  3. Formasi Analis Kepegawaian sebanyak 15

Tahap Seleksi

Proses seleksi dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap, meliputi:

  1. Seleksi administrasi, dilaksanakan bagi pelamar yang telah memenuhi persyaratan tata cara pendaftaran;
  2. Seleksi kompetensi dasar (SKD), dilaksanakan bagi pelamar yang memenuhi persyaratan (MP) seleksi administrasi. SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test(CAT), dengan cakupan materi meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  3. Seleksi kompetensi bidang (SKB), dilaksanakan bagi pelamar yang MP seleksi kompetensi dasar (SKD). Jenis tes SKB dibagi menjadi 3 (tiga) kriteria sesuai jenis jabatan.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.
  3. Kriteria usia sebagaimana berikut (terhitung per tanggal pelamar melakukan pendaftaran online di SSCASN). Pelamar lulusan S-1/D-IV s.d. S-2/Spesialis: serendah-rendahnya 18 tahun 0 bulan 0 hari dan setinggi-tingginya 35tahun 0 bulan 0 hari. Pelamar lulusan S-3/Subspesialis: serendah-rendahnya 18 tahun 0 bulan 0 hari dan setinggi-tingginya 40 tahun 0 bulan 0 hari.
  4. Sehat jasmani dan rohani/jiwa/mental (dibuktikan dengan surat keterangan sehat jasmani dari dokter umum dan surat keterangan sehatrohani/jiwa/mental dari dokter spesialis jiwa Rumah Sakit Pemerintah. Surat ini wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi pengadaan CPNS).
  5. Tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya. (Surat keterangan bebas narkoba/NAPZA ditandatangani oleh dokter Rumah Sakit Pemerintah atau pejabat yang berwenang dari badan/lembaga yang diberikan kewenangan untuk pengujian zat dimaksud. Surat keterangan ini wajib diserahkan setelah pelamar tersebut dinyatakan lulus seleksi pengadaan CPNS).
  6. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  7. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai calon PNS, PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  8. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  9. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  10. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

Rencana Penjadwalan

Pendaftaran CPNS 2019 Kemendikbud dibuka tanggal 21 November 2019 hingga 5 Desember 2019.

Pendaftaran melalui sscn.bkn.go.id.

Seleksi administrasi tanggal 25 November 2019 hingga 13 Desember 2019.

Sementara itu pengumuman calon peserta seleksi SKD tanggal 20 Januari 2020.

Rencana Jadwal CPNS Kemendikbud lingkungan Pendidikan Tinggi (kemdikbud.go.id)

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Pelamar wajib mengunggah dokumen persyaratan meliputi:

  1. Surat lamaran dan surat pernyataan, dengan ketentuan sebagai berikut. a. surat lamaran ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukankepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dibuat pada saat tanggal pendaftaran; b.surat pernyataan diketik dengan komputer, bermaterai Rp6000,-dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, dibuat pada saat tanggal pendaftaran. Kedua dokumendi atas dijadikan satu file. Format surat lamaran dan surat pernyataan dapat diunduh pada laman https://cpns.kemdikbud.go.id).
  2. KTP elektronik (e-KTP) asli atau asli surat keterangan telah melakukan perekamankependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).
  3. pasfoto dengan latar belakang merah.
  4. ijazah asli, dengan ketentuan: a. jenjang S-1/D-IVs.d. S-2/Spesialis, khusus bagi pelamar jabatan Dosen Asisten Ahli b. jenjang S-1/D-IV s.d. S-3/Subspesialis, khusus bagi pelamar jabatan Dosen Lektor c. jenjang sesuai persyaratan formasi yang dilamar, khusus bagi pelamar jabatan selain DosenSurat keterangan lulus (SKL)/ijazah sementara tidak dapat digunakan untuk melamar.
  5. Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah asli dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud (Eks Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti) khusus bagi pelamar lulusan perguruan tinggi luar negeri.
  6. Transkrip nilai asli, dengan ketentuan: a. Transkrip nilai asli bagi pelamar lulusan dalam negeri; dan b. Asli Surat Keterangan Hasil Konversi Nilai dan Predikat yang menyatakan yang bersangkutan lulus dengan predikat lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (Cumlaude) dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud(khusus lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang melamar formasi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian”/Cumlaude).
  7. Sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dan akreditasi program studi, khusus untuk pelamar lulusan dalam negeriformasi putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude.
  8. Khusus untuk pelamar formasi Putra/putri Papua dan Papua Barat, wajib mengunggah: a.asli akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir pelamar, b.asli KTP orang tua (bapak kandung dan/atau ibu kandung), c.asli surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa orang tua (bapak dan/atau ibu) pelamar adalah asli Papua/Papua Barat.
  9. Surat keterangan asli dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan tentang jenis dan/atau tingkat disabilitas yang dialami, khusus untuk pelamar formasi penyandang disabilitasatau penyandang disabilitas yang melamar pada formasi umum atau formasi khusus lain selain formasi penyandang disabilitas

Link Download

Informasi CPNS Kemendikbud 2019 - klik di sini

Pengumuman Formasi CPNS Kemendikbud lingkungan Dikti - klik di sini

Format Surat Lamaran - klik di sini

Format Surat Pernyataan - klik di sini

(Tribunnews.com/Wahyu Gilang Putranto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini