News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dewan Pengawas KPK

Jokowi: Lima Anggota Dewan Pengawas KPK Figur-figur Terbaik, Memiliki Kapabilitas dan Integritas

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean bersama Harjono, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, dan Syamsudin Haris bersiap menjalani pelantikan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Presiden Joko Widodo melantik lima orang Dewan Pengawas KPK yaitu Tumpak Hatorangan Panggabean, Harjono, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, dan Syamsudin Haris. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan lima figur anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan figur-figur terbaik.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi kepada media usai menyaksikan pengucapan sumpah Dewan Pengawas KPK pada Jumat (20/12/2019) di Istana Negara.

"Ya kan sudah saya sampaikan yang kita pilih ini, beliau-beliau memang orang-orang baik. Beliau adalah orang baik, memiliki kapabilitas memiliki integritas, memiliki kapasitas dalam hal-hal yang berkaitan wilayah hukum," kata Presiden.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 Firli Bahuri bersama Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Panggabean saat melakukan penandatanganan pakta integritas disaksikan oleh Ketua KPK lama Agus Rahardjo dan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan pada acara Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (20/19/2019). Acara serah terima jabatan sekaligus pisah sambut pimpinan KPK diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas. Seluruh anggota Dewan Pengawas (Dewas) dan pimpinan KPK periode 2019-2023 secara bersamaan membacakan Pakta Integritas dan dilanjutkan penandatanganan. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Kelima anggota Dewan Pengawas KPK yang diangkat yaitu Tumpak Hatorangan Panggabean, Albertina Ho, Artidjo Alkotsar, Harjono, dan Syamsuddin Harris.

Presiden menilai kelima figur tersebut merupakan kombinasi yang baik karena memiliki latar belakang yang berbeda.

"Ada yang mantan hakim, ada yang hakim aktif, ada juga mantan KPK. Ada juga yang akademisi, ada Mahkamah Konstitusi. Saya kira sebuah kombinasi yang sangat baik sehingga memberikan fungsi terutama fungsi kontrol dan pengawasan terhadap komisioner KPK. Saya kira ini akan bekerja sama dengan baik dengan komisioner. Itungan kita itu," jelasnya.

Baca: Sosok Artidjo Alkostar Mantan Hakim yang Paling Ditakuti Koruptor, Disebut Dewas KPK Termiskin

Baca: Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Jabatan Dewan Pengawas dan Pimpinan KPK

Dewan Pengawas KPK akan diketuai oleh Tumpak Hatorangan Panggabean. Kepala Negara menjelaskan, sosok Tumpak memiliki latar belakang dan pengalaman di KPK.

"Beliau memiliki latar belakang pengalaman berkaitan dengan KPK. Saya kira itu. Saya kira beliau-beliau adalah orang-orang yang bijak," imbuhnya.

Dengan diangkatnya pimpinan dan Dewan Pengawas KPK yang baru, Presiden berharap KPK semakin kuat dalam memberantas korupsi yang juga akan berdampak baik bagi perekonomian Indonesia.

Presiden meyakini para pimpinan dan Dewan Pengawas KPK bisa membawa KPK lebih baik.

"Saya berharap, sekali lagi, penguatan KPK itu betul-betul nyata. Pemberantasan korupsi bisa sistematis sehingga betul-betul memberikan dampak yang baik bagi ekonomi, bagi negara kita. Saya meyakini insyaallah beliau-beliau Ketua KPK dan Komisioner KPK bisa membawa KPK yang lebih baik dengan didampingi Dewan Pengawas KPK," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini