News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

423 Personel Gabungan Ditugaskan di RS Pulau Galang

Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya TNI Yudo Margono, S.E., M.M. meresmikan operasional Rumah Sakit Khusus bagi pasien Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri, Senin sore (6/4/2020). Dalam sambutannya Pangkogabwilhan I menyampaikan, peresmian operasional Rumah Sakit Khusus ini, sesuai dengan Instruksi Presiden RI dari rencana alokasi waktu pembangunan yang diberikan. Rumah Sakit tersebut memiliki fasilitas 340 ruangan observasi dan 20 ruangan untuk isolasi rumah sakit khusus siap digunakan. Pengoperasiannya, dibawah kendali Pangkogasgabpad wilayah Pulau Galang yaitu Pangdam I/ Bukit Barisan. TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 423 personel yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) ditugaskan di fasilitas pengendalian infeksi penyakit menular terutama COVID-19 (Virus Corona) di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau atau RS Pulau Galang.

Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) sekaligus Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksanmana Madya TNI Yudo Margono mengatakan sebanyak 423 personel gabungan tersebut terdiri dari Satgas Pendamping Kesehatan, Satgas Pengaman, dan Satgas Pendukung.

Baca: RS Pertamina Jaya Siap Tangani Pasien Terakit Virus Corona

Yudo menjelaskan, Satgas Pendamping Kesehatan tersebut terdiri dari berbagai unsur.

Mereka di antaranya dari TNI AD sebanyak 43 orang yang terdiri dari enam orang dokter dan 37 paramedis, TNI AL sebanyak 10 orang yang terdiri dari dua orang dokter dan delapan orang paramedis, TNI AU sebanyak 18 orang yang terdiri dari enam orang dokter dan 12 orang paramedis serta dua orang paramedis dari Polri.

"Selain itu dari Kemenkes/NSI sebanyak 25 orang yang terdiri dari empat dokter dan 21 paramedis, serta 49 orang sukarelawan yang terdiri dari tiga dokter dan 46 pramedis," kata Yudo ketika dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (14/4/2020).

Yudo menjelaskan, Satgas Pendukung yang bertugas di antaranya satu orang dari Puskes Mabes TNI, 85 orang personel TNI AD yang terdiri dari tujuh orang anggota Kesdam, 10 orang anggota Nubika, 11 orang dari Tim Hub, 11 orang dari Zibang, dan 31 orang dari Bekang.

"Selain itu ada pula 11 personel TNI AL, dua personel TNI AU, dua personel Polri, dan 145 orang relawan. Sementara itu untuk Satgas Pengaman terdiri dari 45 personel," kata Yudo.

Baca: Kapal Pesiar Tak Dikenal Melintas di Raja Ampat di Tengah Pandemi Virus Corona

Yudo mengatakan hingga Selasa (14/4/2020) terdapat 39 orang pasien positif covid-19 yang dirawat di RS Pulau Galang.

Mereka berasal dari ABK KM Kelud yang dirawat sejak Minggu (12/4/2020) malam lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini