News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dubes Inggris Sampaikan Pesan Hari Bumi di Tengah Pandemi Virus Corona

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi: Peserta karnaval berada di dekat miniatur bola dunia memperingati Hari Bumi di kawasan Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara, Minggu (22/4/2018). Karnaval memperingati Hari Bumi tersebut mengusung tema Wujudkan Keadilan Ekologi untuk Keselamatan Rakyat.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu Pancarini

TRIBUNNNEWS.COM, JAKARTA - Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, menyampaikan pesan Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April.

Melalui video yang diterima Tribunnews.com, Rabu (22/4/2020), Owen mengingatkan, peringatan Hari Bumi tahun ini yang memasuki tahun ke-50 memiliki tantangan baru, yakni adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

"Tindakan pemerintah dan masyarakat sedang fokus untuk penanganan virus tetapi kita tidak boleh kehilangan fokus terhadap tantangan lain yang kita hadapi sebagai umat manusia, yakni perubahan iklim," kata Owen.

Baca: PSBB Diperpanjang, Anies: Tak Ada Lagi Peringatan, Kini Fase Penindakan

Ia mengatakan, pentingnya kerja sama negara dan komunitas lingkungan internasional dalam penanganan perubahan iklim, terlebih Indonesia memiliki keanekaragaman alam yang indah.

Satu solusi yang bisa dilakukan adalah fokus pada energi terbarukan, agar keindahan lingkungan bisa dinikmati generasi mendatang.

"Indonesia membuat progres dalam melindungi harta karun itu dengan mengurangi deforestasi, mengurangu sampah plastik, dan melindungi samudera, tetapi seperti negara-negara lain di dunia, Indonesia tetap rentan dari dampak perubahan iklim. Sebagai negara kepulauan, seperti negara saya Inggris, Indonesia rentan terhadap naiknya level permukaan laut," ujar Dubes.

Baca: Ada Larangan Mudik, Organda: Banyak PO Bus Berhenti Beroperasi

Dubes Owen juga berkata tahun depan Inggris akan jadi tuan rumah COP26 dan berharap penyelenggaraan kegiatan itu sukses.

“Saya berharap situasi krisis yang diakibatkan oleh covid-19 bisa mereda dan kita bisa kembali ke aktivitas seperti biasa. Tentunya saya menantikan untuk bisa kembali bekerja sama dengan indonesia untuk mengatasi perubahan iklim. Bersama kita bisa!,” ujar Owen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini