News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ramadan 2020

Ramadan di Masjid Agung Al Azhar, Ada Tausiah Online Ustaz Abdul Somad dan Kajian Via Podcast

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Masjid Agung Al Azhar di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masjid Agung Al Azhar mengadakan sejumlah program atau kajian selama di bulan Ramadhan untuk menemani jemaah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Ketua Panitia Ramadhan dan Idul Fitri Masjid Agung Al Azhar Mochammad Zainul Arifin mengungkap pihaknya akan mengadakan tausiah secara online.

"Bila selama ini kajian dilangsungkan dengan bertemu fisik, maka kita ubah menjadi kajian online. Salah satunya Mutiara Ramadhan, yaitu tausiah sebelum berbuka puasa," ujar Arifin, kepada Tribunnews.com, Kamis (23/4/2020).

Arifin menjelaskan, pihanya juga menyelenggarakan kajian interaktif melalui podcast dengan program yang disebut Inspirasi Ramadhan. Program ini disebutnya tayang setiap Jumat, Sabtu dan Minggu, pukul 09.00 WIB.

Selain itu, Masjid Agung Al Azhar juga akan mengundang sejumlah narasumber yang memang secara kapasitas memiliki keilmuan dan diikuti banyak orang. Salah satunya adalah Ustaz Abdul Somad.

Baca: Fix, Ramadan Ini Tidak Ada Salat Tarawih dan Bukber di Masjid Istiqlal

"Itu kita lakukan live streaming dengan beliau dengan program Oase Ramadhan. Rencananya kita tampilkan setiap lima hari sekali, setiap weekend khususnya hari Minggu selepas salat dzuhur," kata dia.

Baca: Intip Serunya Suasana Ramadan di Kediaman Zee Zee Shahab

Inovasi program dari Masjid Agung Al Azhar dilakukan, kata dia lantaran jemaah saat ini dirasa memerlukan pegangan dan referensi di tengah pandemi Covid-19.

"Tema-tema yang kita ambil juga tidak jauh dengan solusi terhadap Covid-19. Semoga dengan kajian itu mereka tetap optimis, punya referensi, solusi dam langkah mereka seperti apa menghadapi Covid-19," jelasnya.

Baca: Ada Larangan Mudik, KAI Hentikan Perjalanan KA Jarak Jauh Mulai 24 April 2020

"Sekaligus kita mengarahkan mereka untuk sabar, berdoa agarnsemoga Covid-19 bisa segera mereda dan hilang dari bumi pertiwi kita," tandasnya.

Pihak Masjid Agung Al Azhar mensosialisasikan jadwal semua agenda ini kepada 15 ribu jemaahnya melalui media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, Twitter dan WhatsApp.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini