News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Idul Adha 2020

Menteri Agama Ingatkan Pandemi: Salat Idul Adha, Tak Usah Bersalaman atau Berpelukan

Penulis: Reza Deni
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Agama Fachrul Razi.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, umat Islam dapat  melaksanakan salat Idul Adha yang berlangsung Jumat besok baik di masjid maupun di lapangan.

"Kecuali di tempat dan daerah tertentu yang tidak dibolehkan oleh pemerintah daerah atau Satgas setempat karena tidak aman Covid-19," kata Menag Fachrul dalam konferensi pers di Graha BNPB, Kamis (30/7/2020)

Fachrul memberikan arahan agar lingkungan yang melaksanakan salat Idul Adha besok, melakukan sejumlah protokol kesehatan.

"Batasi pintu atau jalan masuk untuk pengecekan suhu tubuh jemaah, bawa peralatan salat masing-masing, pakai masker, jaga jarak, tidak usah bersalaman atau berpelukan, pengumpulan infak tanpa bersentuhan dengan kotak sumbangan, dan perpendek pelaksanaan salat dan khutbah tanpa mengurangi syarat dan rukunnya," lanjut Fachrul.

Baca: Doni Sebut Idul Adha Jadi Momentum Warga Lebih Disiplin dan Patuhi Protokol Kesehatan

Manta Wakil Panglima tersebut lebih lanjut mengingatkan soal pelaksanan pemotongan hewan kurban, agar menaati protokol kesehatan.

Baca: Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha, Dilakukan Sendiri maupun Berjamaah

Di antaranya yang disebutkan Fahcrul soal protokol kesehatan dalam pemotongan hewan kurban antara lain pemotongan di tempat terbuka, hewan kurban dalam kondisi sehat, membawa peralatan potong masing-masing.

"Jaga jarak, cegah adanya kerumunan orang, dan daging kurban diantar petugas ke alamat penerima," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini