News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Peringati Bulan Suro, TMII Gelar Tradisi Mandi Keris Secara Sederhana

Penulis: Mafani Fidesya Hutauruk
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) memandikan keris koleksinya.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Mafani Fidesya Hutauruk

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) memandikan keris koleksinya seiring datangnya bulan suro.

Humas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Sahda Silalahi menjelaskan tradisi memandikan keris tua tersebut dinamakan Jamasan Pusaka.

Namun pada tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19, pengelola TMII tidak mengadakan acara Jamasan dengan para pengunjungnya.

"Di tahun-tahun sebelumnya selesai Jamasan buat acara juga sama pengunjung, ada makan-makan juga, ada acara hiburan. Tapi kan kita sekarang tidak bisa bikin kerumunan orang yang terlalu banyak," ucapnya saat berbincang dengan Tribunnews.com di kantor pengelola TMII, Jumat (21/08/2020).

Baca: Sejarawan: Keris yang Dikembalikan Belanda Tak Termasuk Pusaka Utama Pangeran Diponegoro

Walaupun di tengah pandemi Covid-19, TMII akan tetap melakukan tradisi Jamasan tersebut guna melestarikan budaya Indonesia.

"Keris kan menjadi budaya Indonesia, bahkan sudah diakui dunia sebagai warisan budaya dunia. Jangan sampai kita cuek sama budaya Indonesia, setelah diakui negara lain baru marah," ucap Sahda Silalahi.

Dirinya berharap banyak generasi muda saat ini yang memiliki kesadaran untuk melestarikan budaya-budaya asli Indonesia yang beragam.

Selain itu, ia melanjutkan, keris-keris tua itu dimandikan petugas Jamasan Keris Nasip Hadi Prayitno di Museum Pusaka TMII pada peringatan 1 Suro.

Baca: Bakamla Sebut Cuma Punya Senjata Keris, Najwa Shihab: Gimana Mau Mepet Kalau Cuma Bawa Keris?

Sahda menjelaskan orang yang memandikan keris harus mempunyai keahlian khusus.

"Keris-keris yang ada di museum pusaka sudah banyak yang tua kalau tidak dibersihkan sayang. Kita bersihkan dia dari karat. Ini rutin kita lakukan setiap tahun ya. Jangan sampai budaya ini hilang," ucap Humas TMII.

Baca: Pengrajin Keris Minta Pemerintah Beri Perhatian Lebih

Namun, pada tahun ini TMII tidak menggelar tradisi Ruwatan yang selalu diadakan setiap tahun di Museum Pusaka TMII.

Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) memandikan keris koleksinya.

"Ruwatan karna pandemi Covid-19 ini pengelola Taman Mini Indonesia Indah tidak mengadakan. Sudah banyak yang menanyakan ya kepada kami. Ya kalau situasi sudah membaik kita adakan lagi," ucapnya.

Taman Mini Indonesia Indonesia turut memberikan promo khusus bagi pengunjung yang bernama Agus pada libur panjang mulai 20 sampai 23 Agustus 2020.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini