News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prabowo dan Menhan Turki Bahas Perkembangan Situasi Pertahanan dan Keamanan Serta Kerja Sama

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dengan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar di Ankara Turki pada Jumat (23/10/2020).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar di Ankara Turki pada Jumat (23/10/2020).

Dalam pertemuan tersebut disambut dengan upacara militer.

"Dalam pertemuan ini Menteri Pertahanan kedua negara membicarakan mengenai kerjasama pertahanan antara kedua negara yang telah terjalin baik selama ini, perkembangan situasi pertahanan dan keamanan di kawasan serta kerjasama di bidang industri pertahanan," dikutip dari laman resmi Kementerian Pertahanan, kemhan.go.id, pada Senin (26/10/2020).

Dalam kunjungannya ke Turki pada 26 November 2019 lalu, Prabowo juga menemui Akar dan membicarakan kerjasama pertahanan yang termasuk didalamnya kerjasama industri pertahanan antara kedua negara.

"Kunjungan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto ke Turki kali ini adalah lanjutan dari rangkaian perjalanannya mempererat hubungan kerjasama pertahanan dengan Menteri Pertahanan negara-negara sahabat," sebagaimana disebut dalam laman resmi Kementerian Pertahanan.

Baca juga: Survei Pilpres, Ganjar Kalahkan Prabowo dan Anies

Sebelumnya Prabowo juga melakukan rangkaian kunjungan kerja untuk menemui Menteri Pertahanan sejumlah negara di antaranya Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper, Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner, dan Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly.

Dalam kunjungannya ke sejumlah negara tersebut Prabowo membahas sejumlah hal di antaranya pertahanan dan keamanan kawasan serta kerja sama baik di bidang pendidikan maupun di bidang industri pertahanan dengan para Menteri Pertahanan tersebut.

Diberitakan sebelumnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga melakukan kunjungan kerja ke Turki dalam rangka membahas kerja sama di bidang industri pertahanan.

Adapun kerja sama yang dibahas terkait pesawat terbang tanpa awak atau Unarmed Aerial Vehicle (UAV) dengan Presiden Industri Pertahanan Turki Ismail Demir.

Hal tersebut terungkap dari unggahan Demir dalam akun Twitter resminya, @IsmailDemirSSB, yang diunggah, Rabu (22/7/2020).

"Kami mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto dan delegasinya. Pada pertemuan tersebut, kami bertukar pandangan tentang kerja sama dan masalah ekspor di berbagai bidang, terutama UAV, kendaraan laut dan darat," kata Demir dalam unggahan tersebut.

Kunjungan kerja Prabowo ke Turki dibenarkan Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan kunjungan Prabowo tersebut dalam rangka melanjutkan pembicaraan terkait kerja sama industri pertahanan antara Turki dengan Indonesia.

Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan Prabowo Subianto akan berada di Turki dalam beberapa hari ini.

"Iya, melanjutkan pembicaraan kerjasama industri pertahanan Turki dan Indonesia. Beberapa hari ini, beliau akan bertemu dengan para pihak yang terkait inhan Turki," kata Dahnil ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (23/7/2020).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini