News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Kelanjutan PPKM Level 4, Pemerintah Harus Dengar Masukan Ahli Kesehatan Masyarakat dan Epidemiolog

Suasana penyekatan di Jalan Jendral Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, tampak lengang dan pengendara tidak begitu signifikan melintasi pembatasan pada Hari Minggu (1/8/2021). Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 di Jakarta berlaku hingga 2 Agustus 2021 besok. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraja)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Jawa-Bali bakal berakhir pada Senin (2/8/2021) hari ini.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani meminta pemerintah, untuk mendengarkan masukan dari para ahli kesehatan masyarakat dan epidemiolog.

"PPP berharap agar pemerintah mendengarkan para ahli kesehatan masyarakat dan epidemiolog," kata Arsul kepada wartawan, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Ketum Garda Persilakan PPKM Diteruskan, Asal Ojol Mendapat Kepastian Relaksasi

Selain itu, menurut Arsul pemerintah juga perlu memberi penjelasan kepada masyarakat secara transparan dan komprehensif mengenai capaian-capaian dari kebijakan PPKM.

"PPP meminta kepada Pemerintah agar sebelum memutuskan untuk melanjutkan atau tidak PPKM, sejumlah faktor dijelaskan kepada masyarakat secara transparan dan komprehensif," ujar Arsul.

Arsul memaparkan faktor-faktor yang dimaksudkan antara lain mulai dari evaluasi PPKM level 4 itu sendiri yang telah berjalan dalam beberapa pekan terakhir.

Terutama, dari sisi signifikansi penurunan angka kasus Covid-19 tiap daerah seperti apa perkembangannya.

"Lalu, evaluasi dampak PPKM level 4 terhadap sektor ekonomi masyarakat terutama sektor informal dan UMKM yang mendominasi kegiatan ekonomi dan perdagangan di daerah-daerah," ucap Arsul.

Baca juga: Tol Tangerang Arah Jakarta Padat Merayap di Hari Terakhir PPKM Level 4 

Wakil Ketua MPR RI ini juga meminta pemerintah untuk menjelaskan terkait distribusi bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat selama PPKM berlangsung.

"Bagaimana bansos selama PPKM yang kemarin itu dilaksanakan di lapangan. Lalu, progres dan problem vaksinasi," pungkasnya.

Berita Populer