News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

BKN Audit Seluruh Peserta SKD CPNS 2021 untuk Deteksi Kecurangan

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana Tes SKD CPNS Kemenag Sulsel di Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, Rabu (4/3/2020).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menaruh perhatian khusus terkait temuan kecurangan dalam SKD CPNS 2021 dengan modus remote access.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan audit terhadap seluruh peserta seleksi SKD CPNS.

Hal itu disampaikan Suharmen dalam konferensi pers terkait Jadwal Lanjutan Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK Non-Guru Tahun 2021 yang disiarkan kanal YouTube BKNgoid, Selasa (2/11/2021).

"Saat ini kami sedang melakukan running untuk seluruh peserta seleksi,. Jadi kami sedang melakukan apakah ada titik lokasi-lokasi lain atau peserta-peserta lain yang melakukan pola kecurangan yang sama atau tidak," kata Suharmen.

Baca juga: BKN: 52.300 Peserta Lolos SKD CPNS Tahun 2021

Suharmen juga mengatakan pihaknya sudah menyampaikan kepada panitia seleksi nasional (Panselnas) untuk dilakukan audit terhadap semua peserta.

"Tadi pagi karena datanya begitu besar, tadi pagi baru 25 persen running," tambahnya.

Ia juga menambahkan proses-proses audit ini akan memakan waktu yang sangat lama.

Mengingat bahwa peserta yang mengikuti seleksi mencapai 2,3 orang.

"Mungkin akan butuh waktu terhadap audit seluruh peserta karena datanya sekitat 2,3 juta orang dan 2,3 juta orang dilihat detik per detik, aktivitas selama peserta mengikuti seleksi," kata Suharmen.

"Dan ya mudah-mudahan tidak ada titik lokasi lain, tapi kalau ada titik lokasi lain tentu konseskuansi sama yang berada di titik lokasi lain akan di diskualifikasi atas kecurangan yang dilakukan," kata Suharmen menambahkan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini