News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Resmi Ditutup, Banyak Stakeholder Rasakan Manfaat Bimtek Badan Usaha Gas Bumi

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penutupan Bimbingan Teknis/Workshop Badan Usaha Gas Bumi di Yogyakarta pada Jumat (3/12/2021)

TRIBUNNEWS.COM – Terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarkat, khususnya stakeholder terkait usaha hilir migas, Badan Pengaturan Hilir Minyak dan Gas Bumi melalui Direktor Gas Bumi bersama PPSDM Migas menggelar Bimbingan Teknis/Workshop Badan Usaha Gas Bumi di Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Cirebon, dari tanggal 1 November – 4 Desember 2021

Direktur Gas Bumi, Sentot Harijady BTP mengungkapkan, bimtek yang digelar kurang dari sebulan dan resmi ditutup pada resmi di Yogyakarta pada Jumat (3/12/2021) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian sumber daya manusia dari Badan Usaha-Badan Usaha sebagai penyelenggara kegiatan Usaha Hilir Migas, khususnya pada kegiatan Usaha Gas Bumi melalui pipa.

“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam melaksanakan tugasnya,” ujarnya.

Diapresiasi banyak pihak

Kegiatan Bimtek ini pun mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, satu di antaranya adalah Imam Supriyadi. Pria yang bekerja di PT Kalimantan Jawa Gas ini senang sekali dengan pelatihan yang diberikan. Ia juga mengaku merasakan banyak manfaat berkat mengikuti bimtek ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada BPH Migas dan PPSDM Migas yang telah mengundang kami untuk mengikuti pelatihan teknisi perawatan mekanik angkatan ketiga. Kami mendapatkan banyak sekali manfaat dalam pelatihan ini, di mana kami mendapatkan pelatihan tentang pipa, tentang pompa, kompresor dan turbin, juga beberapa mekanikal termasuk pembuatan alat angkut dan safety K3 migas,” ujarnya.

Selain itu, Iman berharap agar kegiatan bimtek ini bisa diadakan lagi tahun depan. “Kami berharap pelatihan ini dapat berlanjut  pada tahun depan karena ilmu ini sangat bermanfaat bagi kami untuk menunjang kinerja kami di perusahaan,” ungkapnya.

Tingkatkan sinergi BPH Migas dan Badan Usaha Hilir Migas

Penutupan Bimbingan Teknis/Workshop Badan Usaha Gas Bumi di Yogyakarta pada Jumat (3/12/2021)

Selain bermanfaat bagi stakeholder, melalui pelatihan ini diharapkan semakin meningkatkan sinergitas dan kerja sama yang baik antara BPH Migas dan Badan Usaha Hilir Migas, sekaligus meningkatkan jejaring komunikasi antar Badan Usaha, guna pengembangan infrastruktur pipa dalam pemanfaatan gas bumi di Indonesia.

Selain itu, acara ini juga dilakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi SDM Badan Usaha di bidang kegiatan Pengangkutan, Niaga dan Jaringan Gas Bumi.

“Harapannya bahwa acara ini terus diadakan karena dirasakan banyak manfaat dari pelatihan, serta kelak adik-adik kami para penerus di bidang usaha gas bumi dapat memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang gas bumi,” ujar Indra Mutiara, perwakilan dari PT Transportasi Gas Indonesia.

Materi pengajaran Bimtek Badan Usaha Gas Bumi

Penutupan Bimbingan Teknis/Workshop Badan Usaha Gas Bumi di Yogyakarta pada Jumat (3/12/2021)

Mendapatkan hasil yang positif, kegiatan Bimbingan Teknis dan Sertifikasi yang dilaksanakan PPSDM Migas mengajarkan empat tema besar, mulai dari:

  1. Bimbingan Teknis/Workshop Gas Management System
  2. Bimbingan Teknis/Workshop Gas Metering
  3. Bimbingan Teknis/Workshop dan Sertifikasi Teknisi Perawatan Mekanik
  4. Bimbingan Teknis/Workshop dan Sertifikasi Inspektur Pipa Penyalur

Bimbingan Teknis/Workshop ini diikuti sebanyak 39 Badan Usaha yang terdiri dari Badan Usaha Pengangkutan Gas Bumi, Badan Usaha Niaga Gas Bumi dan Badan Usaha Milik Daerah sebagai Operator Jaringan Gas.

Dari 39 Badan Usaha tersebut sebanyak 314 peserta dibagi ke dalam kelas-kelas sesuai dengan jadwal yang dipilih.

Ke depannya, diharapkan bimbingan teknis badan usaha ini dapat terus dilakukan sehingga berdampak pada meningkatnya pelayanan dan efisiensi operasional badan usaha.

Hal ini tentunya juga dapat diwujudkan melalui pengembangan tema-tema materi bimbingan teknis sesuai kebutuhan akan kompetensi, baik teknis maupun keilmuan lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini