News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menko PMK Minta Warga Sintang Waspadai Demam Berdarah Akibat Banjir

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau warga terdampak banjir di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau lokasi wilayah terdampak banjir di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Muhadjir meminta masyarakat untuk mewaspadai ancaman demam berdarah dan penyakit lainnya akibat banjir.

“Tadi saya lihat masih ada yang sakit karena terdampak banjir ini, terutama demam berdarah. Ini saya mohon diwaspadai betul. Yang lain, misalnya, gatal-gatal, diare, sudah bisa dieliminasi, diatasi dengan baik,” tutur Muhadjir melalui keterangan tertulis, Sabtu (11/12/2021).

Baca juga: Tinjau Pembangunan Tanggul di Sintang, Jokowi Janji Benahi Daerah Tangkapan Hujan dan Tanami Pohon

Ia pun menyampaikan bahwa aktivitas pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah sudah mulai dilaksanakan.

Dirinya berharap semua aktivitas bisa berjalan lancar dan kondisi kehidupan masyarakat di Kabupaten Sintang pasca bencana semakin baik.

“Nanti tinggal penanganan untuk tahap rekonstruksi terutama penanganan aliran sungai yang kemarin menjadi sumber banjir ini," kata Muhadjir.

Menurut Muhadjir, saat ini penanganan bencana banjir Kabupaten Sintang mulai memasuki tahap rehabilitasi.

Proses tersebut, adalah pemulihan infrastruktur serta berbagai fasilitas layanan masyarakat.

"Apakah nanti akan dibangun bendungan penyangga atau nanti akan dilakukan secara pengerukan, sekarang sedang dikaji saksama antara pemerintah provinsi dan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR," ucap Muhadjir.

"Tapi saya yakin dengan kunjungannya Pak Presiden kemarin dan juga didampingi Pak Menteri PUPR, pasti Pak Presiden sudah memiliki gambaran langsung di lapangan dan beliau pasti akan membuat keputusan secepat mungkin," tambah Muhadjir.

Seperti diketahui, banjir yang telah menggenangi Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), sejak Kamis (21/10), kini sudah surut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini