News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pandangan Para Kiai di Kediri Soal Kiprah Gus Muhaimin di Kancah Politik Nasional

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri Haul KH. Abbas sekaligus doa bagi almarhumim almarhumat Masyayikh dan Warga Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu, 26 Februari 2022.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengasuh Pesantren Al-Falah Ploso, Mojo, Kediri, Jawa Timur KH Nurul Huda Djazuli mengajak umat Islam, khususnya warga Nahdliyin untuk mendukung perjuangan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut tokoh sepuh Nahdlatul Ulama (NU) ini, perjuangan yang dilakukan Gus Muhaimin di jalur politik adalah perjuangan untuk mewakili kalangan pesantren.

"Yang datang ke sini mulai Cak Imin dan saudara-saudaranya. Alhamdulillah, mudah-mudahan beliau mendapatkan sukses yang luar biasa," kata Kiai Nurul di sela acara Perayaan Haflah Tasyakur Alfiah Ibnu Malik 2022 di Ponpes Al Falah Ploso, Kediri, Selasa (8/3/2022) malam.

Sebelumnya, doa dan dukungan senada disampaikan para masyayih Ponpes Lirboyo.

Baca juga: Kata Muhaimin Soal Usul Pemilu Ditunda: Presiden Pasti Setuju Kalau Semua Parpol Kompak Bersuara

Baca juga: Gus Muhaimin Dapat Dukungan Kiai se-Kabupaten Madiun Untuk Maju Pilpres 2024

Pengasuh Utama Ponpes Lirboyo KH Anwar Mansur yang juga Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur menganggap bahwa Gus Muhaimin adalah bagian dari keluarga besar Ponpes Lirboyo.

Sebab, ayah dari Gus Muhaimin, Kiai Iskandar dulu juga mengenyam pendidikan agama cukup lama di Pesantren Lirboyo.

"Pak Muhaimin ke Lirboyo ini bukan asing karena orangtuanya mondok di Lirboyo. Panjengan sudah lihat Lirboyo kondisinya seperti ini. Dulu Pak Iskandar dangu (lama) di sini bareng sama Pak Sohib," katanya.

Kiai Anwar Mansur pun mendoakan Gus Muhaimin bisa sukses dalam berjuang di medan politik menjadi Presiden 2024.

"Alhamdulillah kita doakan mudahan-mudahan perjuagan Pak Muhaimin selalu dimudahkan oleh Allah, diberikan perjuangan yang bermanfaat bagi rakyat Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo KH Abdulllah Kafabihi Mahrus mengatakan, langkah Gus Muhaimin maju sebagai capres yang bukan atas keinginan sendiri, namun atas permintaan kiai dan para gus.

Hal itu sudah sesuai dengan yang diajarkan dalam syariat agama.

"Gus Muhaimin akan maju menjadi capres ini atas permintaan gus-gus (para putra kiai), bukan beliau yang meminta, ini sesuai dengan ajaran syariat,” ujar Kiai Abdulllah Kafabihi.

Menurut Rais Syuriyah PBNU ini, saat ini dari nama-nama kandidat capres yang sudah bermunculan, hanya Gus Muhaimin yang memang benar-benar dari latar belakang Nahdlatul Ulama (NU) tulen.

"Capres yang paling NU ya Gus Muhaimin. Dari segi nasab dan lain-lain," tandasnya.

Dengan banyaknya dukungan dari para kiai, masyayih dan para gus dari berbagai pesantren, Gus Muhaimin mengaku sangat optimistis bisa meneruskan perjuangan yang sudah dirintis para sesepuh NU, termasuk Gus Dur untuk mengelola negara ini.

"Gus Dur telah memimpin reformasi dan melahirkan demokrasi. Sekarang berhasil ada warga NU yang jadi wapres, menteri, wakil ketua DPR, MPR, dan lainnya," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini