News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dinobatkan Sebagai Bapak Pembangunan Desa, Ini Respon Jokowi

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Jokowi saat menghadiri dan memberikan sambutan pada acara Silaturahmi Nasional Desa 2022 yang diadakan oleh Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (APDESI) pada Selasa (29/3/2022).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan penobatan sebagai Bapak Pembangunan Desa Indonesia dari Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi). 

Presiden langsung menjawab penobatan tersebut saat memberikan pidato dalam acara Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, (29/3/2022).

Di depan ribuan kepala desa Jokowi mengatakan bahwa yang pantas mendapat gelar Bapak Pembangunan Desa adalah para kepala desa di seluruh Indonesia. Karena kata Presiden yang membangun langsung desa adalah para kepala desa, bukan dirinya. 

"Tadi yang terakhir yang disampaikan mengenai Bapak Pembangunan Desa, yang layak itu Bapak Ibu semuanya bukan saya. karena yang membangun desa itu Bapak Ibu semuanya,  yang bekerja keras membangun desa Bapak Ibu semuanya," kata Presiden.

Dirinya kata Jokowi hanya bertugas membuat aturan pembangunan di desa. Sementara pelaksanaannya dilakukan oleh para Kepala Desa bersama perangkatnya.

 "Saya itu bagian policy, di atas. Jadi bapak pembangunannya itu bapak Ibu semuanya," kata Jokowi.

Baca juga: Apdesi Nobatkan Jokowi Bapak Pembangunan Desa Indonesia

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan penobatan sebagai Bapak Pembangunan Desa Indonesia dari Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi). 

Hal itu disampaikan Ketua Apdesi Surta Wijaya dalam acara silaturahmi nasional yang juga dihadiri Presiden Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, (29/3/2022).

"Hal yang wajar kita berikan saat ini beliau selaku Bapak Pembangunan Desa. setuju?" kata Surta.

Surta kemudian mengajak ribuan Kepala Desa yang hadir untuk berdiri dan mengangkat tangan sebagai tanda persetujuan penobatan Jokowi sebagai Bapak Pembangunan Desa. 

"Kalau setuju, tidak perlu munafik di depan saya, berdiri semua kalau setuju, bangun angkat tangan. Terima kasih pak presiden inilah bahwa kami di Apdesi menyatakan bapak Presiden Jokowi selaku Bapak Pembangunan Desa,  Allahu Akbar, alhamdulillah," kata Surta.

Sebelumnya, saat Jokowi akan menyampaikan Pidatonya, Ketua Apdesi maju ke atas panggung. Ia menyampaikan usulan agar Jokowi dinobatkan sebagai Bapak Pembangunan Desa. Usulan tersebut lupa ia sampaikan dalam pidato pembukaan sebelumnya.

"Rekan rekan kepala desa bikin sejarah aja, lupa.  Memang begini kelakuan kepala desa. Ada pidato satu yang belum disampaikan, lupa, entar ke bawa pulang tidur, stres kita," kata dia.

Surta menjelaskan alasan Apdesi menobatkan Jokowi sebagai Bapak Pembangunan Desa.

Ia mengatakan Presiden Jokowi telah merealisasikan dan mengimplementasikan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Sehinggga, pembangunan di desa dapat terwujud secara merata.

"Kita sadar undang-undang Nomor 6/2014, saya termasuk di dalamnya pada saat itu, ketika disahkan belum tentu yang lain jadi pemimpin mau merealisasikan, mau mengimplementasikan tentang UU tersebut, tapi pas bapak presiden terpilih undang-undang Nomor 6 tahun 2014 dijalankan dengan baik, sehingga kita merata pembangunan di desa," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini