News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

Berita Foto : Semarak Peringatan HUT ke-77 RI di Sejumlah Tempat

Penulis: Herudin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko WIdodo menyerahkan Sang Saka Merah Putih kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). HUT ke-77 RI tersebut mengangkat tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/rwa.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beragam macam aktivitas dilakukan warga Indonesia untuk memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) pada Rabu 17 Agustus 2022.

Anggota Paskibraka membawa bendera Pusaka Sang Merah Putih dari Monumen Nasional (Monas) menuju ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Arak-arakan kirab Bendera Pusaka yang diiringi dengan kirab budaya kembali diadakan dan dapat disaksikan masyarakat umum. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Diperbolehkannya peringatan hari kemerdekaan RI dilakukan kembali seperti sebelum pandemi Covid-19 membawa semangat warga Indonesia.

Pasukan berkuda Paspampres mengawal anggota Paskibraka membawa bendera Pusaka Sang Merah Putih dari Monumen Nasional (Monas) menuju ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Arak-arakan kirab Bendera Pusaka yang diiringi dengan kirab budaya kembali diadakan dan dapat disaksikan masyarakat umum. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)
Peserta kirab bendera Pusaka Sang Merah Putih melintas di halaman Monumen Nasional (Monas) menuju ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Arak-arakan kirab Bendera Pusaka yang diiringi dengan kirab budaya kembali diadakan dan dapat disaksikan masyarakat umum. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Mulai dari upacara kenegaraan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka Jakarta, kirab budaya, karnaval, dan berbagai perlombaan kreatif yang membuat keseruan.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi (kedua kiri) membawa Bendera Merah Putih untuk dikibarkan saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). HUT ke-77 RI tersebut mengangkat tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/rwa. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Personel Yonarmed 7 Kodam Jaya menembakan meriam kaliber 75 mm Saluting Gun saat Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada perayaan HUT ke-77 RI di halaman Monas, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Sebanyak 17 kali tembakan peluru hampa dilepaskan dari meriam 75 mm saat upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Upacara yang penuh khidmat diselenggarakan dari berbagai kalangan masyarakat hingga ada yang melakukan upacara bendera di aquarium raksasa.

Penyelam membentangkan bendera merah putih raksasa saat di Jakarta Aquarium dan Safari, Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Rabu (17/8/2022). Rayakan HUT ke-77 Republik Indonesia, Jakarta Aquarium dan Safari menggelar upacara bendera didalam Aquarium besar dengan mengangkat tema Keliling Nusantara. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Atraksi pesawat tempur dengan formasi 77 serta helikopter yang membawa bendera merah putih raksasa membuat takjub penonton.

Pesawat Tempur F-16 melintas dengan formasi 77 di atas Monas saat Peringatan Detik-Detik Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). Aksi atraksi pengibaran bendera dengan pesawat Tempur F16 TNI AU dan Helikopter Gabungan TNI-Polri tersebut untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-77 RI. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)
Helikopter TNI-Polri terbang membawa bendera merah putih raksasa melintasi Monas saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Jakarta, Rabu (17/8/2022). Flypass yang dilakukan oleh Garuda Flight terdiri dari 14 pesawat F-16 terbang membentuk formasi 77 dan Nusantara Flight yang terdiri dari delapan helikopter gabungan TNI-POLRI membawa bendera Merah Putih raksasa untuk memeriahkan Peringatan HUT Ke-77 Republik Indonesia. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Keseruan perlombaan yang dilakukan warga menambah ceria di hari kemerdekaan dan membuat tali persaudaraan yang semakin erat.

Warga RW 07 Kelurahan Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur, menggelar karnaval dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022). Para peserta yang terdiri dari RT 1-16 RW 07 Kelurahan Jodipan tampil dengan berbagai macam busana. Mereka saling adu kreativitas dalam hal penampilan, seperti busana, kekompakan, yel-yel hingga tarian. Karnaval tersebut mengitari jalan di wilayah Kelurahan Jodipan, Kota Malang. SURYA/PURWANTO (SURYA/PURWANTO)
Dua orang peserta mengikuti lomba Agustusan pukul bantal di atas kolam di RW 01, Kampung Babakan Sangkuriang, Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/8/2022). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini