News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dubes Sulis Ingin Ada Artis RI Gabung di Industri Drama dan Film Korea Selatan 

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gandi Sulistiyanto. Dubes Sulis Ingin Ada Artis RI Gabung di Industri Drama dan Film Korea Selatan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memasuki 50 Tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia – Korea, Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Seoul ingin mendorong aktor/aktris Indonesia untuk masuk industri drama dan film di Korea Selatan.

Hal ini disampaikan Duta Besar Indonesia (Dubes RI) untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto di acara bertajuk 'Indonesia-Korea Morning Talk: Celebrating 50 Years of Friendship' di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2023.

Ia mengatakan pihaknya di kedutaan mencoba untuk mendorong Korea untuk membawa artis Indonesia untuk bergabung dalam produksi Korean Drama (K-Drama).

"Dalam industri kreatif, kami mendorong Korea untuk melibatkan beberapa artis Indonesia untuk bergabung dalam produksi K-Drama atau sinetron Indonesia. Atau penyanyi Indonesia duet dengan penyanyi Korea. Ini sesuatu yang kami coba implementasikan," ujarnya.

Menyoroti kerja sama ekonomi kreatif dan digital yang produktif antara Indonesia dan Korea, Dubes Sulis sejak awal masa jabatannya Januari lalu menginisiasi satu unit khusus untuk menggarap ekonomi kreatif dan digital, juga start up, termasuk subsektor fashion, musik, film , kuliner, animasi, game, dan e-sport. 

Kolaborasi pelaku industri kreatif dan digital Indonesia dan Korea Selatan dirancang untuk membuka jalan kerjasama yang lebih produktif guna menumbuhkan Indonesian Wave (I Wave) dan Korean Wave (K Wave) secara berdampingan.

Ia berharap kedepan tidak hanya terjadi K Wave, tapi juga akan ada I Wave.

"Saya membuat banyak sekali event agar artis Indonesia ke Korea, untuk memproduksi drama bersama. Drama cinta, drama horor, apapun selama ada bintang Indonesia bergabung dalam produksi Korea," ujarnya.

Tahun 2023 menandai 50 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan.

Korea telah menjadi mitra dagang ketujuh terbesar Indonesia setelah China, Jepang, Amerika Serikat, Singapura, India, dan Malaysia.

Total perdagangan Indonesia dengan dunia periode Januari-November 2022 mencapai USD 485,24 miliar, meningkat 26,46 persen year-on-year dari USD 384,09 miliar.

Baca juga: Link Nonton Drama Korea Missing: The Other Side 2, Misteri Hilangnya Penduduk 3 Gongdan

Selama 50 tahun, Indonesia dan Korea telah melakukan banyak momen dan pencapaian yang baik diantara dua negara. 

Gandi mengatakan di masa depan, Indonesia ingin mendorong lebih banyak lagi kerjasama dengan Korea dalam sektor lainnya.

"Ini kerjasama yang menguntungkan antara Indonesia dan Korea." 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini