News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sistem Pembelajaran Metode Ini Akan Bantu Perkuliahan Prodi S2 Lebih Cepat

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Head of MM International Program BINUS Business School (BBS) yang membawahi MM Executive RPL Track, Dr. Dewi Tamara.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sistem Recognition of Prior Learning/Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) membantu para mahasiswa menawarkan penyetaraan akademik atas pencapaian calon mahasiswa.

Sebagai informasi Program Kuliah Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) atau RPL adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Head of MM International Program BINUS Business School (BBS) yang membawahi MM Executive RPL Track Dewi Tamara, mengungkapkan program baru Master of Management/Magister Manajemen (MM) mengadaptasi sistem Rekognisi Pembelajaran Lampau.

"Masa studi MM non RPL ditempuh dalam 3 semester. Dengan adanya kurikulum RPL ini masa studi menjadi lebih singkat yaitu 2 semester dan 10 courses, dimana SKS pada semester 1 telah terkonversi dari pengalaman dan pelatihan yang dimiliki oleh calon mahasiswa," ucap Dewi melalui keterangan tertulis, Kamis (26/1/2023).

Pada persiapan kuliah, mahasiswa RPL Track MM Executive wajib mengikuti masa matrikulasi selama 1 minggu.

Sehingga secara keseluruhan, kurikulum RPL Track MM Executive ini hanya terdiri dari 29 SKS, lebih singkat dari program reguler yang terdiri dari 41 SKS.

"Sehingga waktu studi akan lebih efektif," tutur Dewi.

Mahasiswa yang memiliki pengalaman kerja atau telah mengikuti sejumlah sertifikasi yang termasuk dalam materi yang diakui, maka dapat mengikuti program RPL ini untuk mendapatkan gelar Magister Manajemen (MM) secara efisien.

Baca juga: Syarat Daftar SIPSS Polri 2023, Dibuka Bagi Lulusan D4, S1 dan S2

Dekan BINUS Business School Master Program, Dr. Rini Setiowati, mengatakan pihaknya merupakan satu-satunya sekolah bisnis yang menambahkan keunggulan kompetitif mahasiswa dan perusahaan yang mereka kelola.

“RPL Track MM Executive dari BINUS Business School ini dirancang untuk mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja di bidang bisnis dan manajemen," ucap Rini.

Program ini membuka peluang kerja sama dengan perusahaan mahasiswa melalui program internship sarjana BINUS Business School.

Selain itu, program ini pun secara aktif mendorong terjalinnya jejaring bisnis mahasiswa melalui sesi sharing bersama alumni.

"Didesain untuk memberikan pengalaman belajar yang holistik, program ini siap mencetak eksekutif manajemen dengan leadership yang unggul," ujar Rini.

Program RPL Track MM Executive kelas pertamanya akan diselenggarakan pada Maret 2023.

Seremoni peresmian program baru ini dikemas dalam talkshow bersama praktisi Sumber Daya Manusia, Pambudi Sunarsihanto, HR Director BlueBird Group; dan Helena Augusta, Corporate Human Capital Development Head PT Dharma Satya Nusantara Tbk.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini