News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menhan Prabowo: Penambahan Pesawat Tempur Suatu Keharusan bagi Indonesia

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai menerima Wing Kehormatan Penerbang TNI AU setelah menjajal terbang menggunakan pesawat F-16 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Rabu (8/3/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan penambahan pesawat tempur merupakan suatu keharusan bagi bangsa Indonesia.

Menurutnya, meski saat ini Kementerian Pertahanan masih dalam proses pengadaan jet tempur Rafale dari Prancis dan beberapa rencana pengadaan pesawat tempur lainnya, namun Indonesia tetap harus memiliki efek gentar yang cukup kuat saat ini.

Hal tersebut disampaikannya usai menerima Wing Kehormatan Penerbang TNI AU setelah menjajal terbang menggunakan pesawat F-16 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Rabu (8/3/2023).

"Ya, itu suatu keharusan. Kita akan menambah pesawat tempur Rafale dari Prancis, kemudian sementara kita masih negosiasi untuk menambah pesawat-pesawat lain," kata Prabowo.

"Sementara itu, karena kalau kita, sudah tanda tangan untuk pesawat Rafale datangnya baru 3, 4, 5 tahun. Sementara kita harus punya detterance (efek gentar) yang cukup kuat," sambung dia.

Baca juga: Menhan Prabowo Harap 27 dari 41 Kapal Perang TNI AL yang Dimodernisasi Rampung Akhir Tahun Ini

Saat ini, kata dia, sejumlah pesawat TNI AU sedang dilakukan modernisasi.

Selain itu, kata dia, rencananya pemerintah juga akan mengakuisisi pesawat-pesawat yang masih berusia muda dari luar negeri.

Ia mengatakan, pada saatnya akan mengumumkan pesawat-pesawat yang dimaksud.

"Ya nanti pada saatnya kita umumkan," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini