News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ikuti Jejak Monash University, Tiga Universitas Ternama Australia akan Buka Cabang di Indonesia 

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese. Anthony Albanese mengumumkan bahwa tiga universitas ternama di Australia akan membuka cabang di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengumumkan bahwa tiga universitas ternama di Australia akan membuka cabang di Indonesia. 

Pernyataan ini ia sampaikan bertepatan dengan kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Sydney, Australia, Selasa (4/7/2023).

Baca juga: Bertemu PM Australia, Jokowi Dorong Kerjasama Pengembangan Baterai Mobil Listrik

Ingin mengikuti jejak Monash University, tiga kampus Australia yakni Western Sydney University, Deakin University dan Central Queensland University akan membuka kampus di Indonesia.

"Dibangun dari kesuksesan kampus Monash University di Indonesia, saya bahagia mengumumkan bahwa Western Sydney University, Deakin University, dan Central Queensland University akan segera bergabung dengan Monash untuk membawa pendidikan tersier kelas dunia Australia ke murid-murid dan profesional Indonesia," ujar PM Australia Anthony Albanese dalam konferensi pers bersama Presiden Jokowi, disiarkan akun Sekretariat Presiden, Selasa (4/7/2023).

Sebelumnya, Monash University yang telah membuka kampus di Jakarta pada tahun 2022. 

Baca juga: Monash University Tidak Gunakan Kurikulum dari Indonesia

Kedutaan Besar Australia dalam pernyataannya mengatakan pendidikan telah lama menjadi pilar utama hubungan bilateral dan inti dari persahabatan yang hangat antara para pelajar dan profesional muda. 

Para pemimpin menyambut baik harapan Western Sydney University, Deakin University dan Central Queensland University untuk membuka kampus di Indonesia.

Lebih dari 200.000 mahasiswa Indonesia telah menempuh pendidikan di perguruan tinggi Australia.

Tahun ini menandai ke-70 tahun beasiswa Australia bagi pelajar Indonesia. 

Perdana Menteri Albanese juga mengumumkan program baru untuk meningkatkan pengalaman "belajar di Australia" bagi penduduk Indonesia dan kesempatan baru bagi masyarakat Indonesia untuk belajar di lebih banyak kampus-kampus Australia di Indonesia. 

Perdana Menteri juga meluncurkan program yang telah diperbaharui untuk mendorong lebih banyak siswa Australia untuk belajar dan mempelajari bahasa dan budaya Indonesia.

"Australia dan Indonesia, bekerja sama, berkomitmen untuk menghadapi tantangan dan 
peluang di masa depan," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini