News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Berbicara di ASEAN IIDC 2023, Gus Yahya: Semua Orang Bertanggungjawab Ciptakan Hidup Harmonis

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf berbicara di forum sosialisasi Asean IIDC 2023

TRIBUNNEWS.COM, Palembang - Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf berbicara di forum sosialisasi ASEAN Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (ASEAN IIDC) 2023 bahwa harmoni adalah tujuan hidup semua umat manusia. 

Maka dari itu ia mengungkapkan bahwa tindakan yang menyebabkan konflik akan dikutuk oleh semua karena mengganggu harmoni. 

"Maka, karena menciptakan harmoni adalah cita-cita suci dan ajaran agung semua agama, maka ia wajib diperjuangkan oleh semua," tutur Gus Yahya dalam keterangannya Senin (10/7/2023).

Lebih lanjut Gus Yahya memaparkan panjang lebar mengenai kondisi masyarakat dunia yang dari masa ke masa selalu terjadi konflik. 

Terlebih, kata eks Jubir Presiden KH Abdurrahman Wahid ini, di era globalisasi seperti sekarang ini yang sudah tidak ada lagi sekat, sehingga semua orang dari latar belakang apa pun bercampur menjadi satu. 

Menurut Gus Yahya, semua orang memiliki tanggung jawab untuk mengupayakan kehidupan yang harmonis di masa depan untuk menghindari konflik berkepanjangan. Jika tidak, konflik antarperbedaan di dunia ini akan terus terjadi dan menghancurkan kemanusiaan. 

“Menjadi tanggung jawab setiap manusia untuk memikirkan cara supaya masyarakat manusia di atas bumi yang kecil ini, di masa depan sungguh-sungguh mampu untuk mengembangkan kehidupan yang harmonis di antara perbedaan-perbedaan yang mereka miliki itu. Karena apabila tidak, maka tidak ada arah lain dari konflik antarperbedaan itu yang kemungkinan terus terjadi di antara manusia selain kehancuran bersama,” sambungnya.

Lebih lanjut, Gus Yahya mengungkapkan sebuah ajaran dari KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang hingga kini menjadi dasar untuk bergerak membangun peradaban dunia yang lebih baik di masa depan. 

Gus Yahya mengutip kalimat nasihat Gus Dur yakni tidak ada cara yang lebih baik untuk membantu Islam selain dengan menolong kemanusiaan seluruhnya. 

Baca juga: Gus Yahya: PBNU Tak Punya Urusan Merestui Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024

“Karena kalau hanya berpikir tentang Islam saja, dengan mengabaikan yang lain, apalagi dengan menganggap yang lain sebagai rintangan, maka Islam bukannya akan mencapai kemaslahatan tetapi justru akan terbentur kepada konflik-konflik yang tidak berujung dan tidak akan memenangkan apa-apa, selain hancur bersama-sama yang lain,” tegas Gus Yahya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini